PENGUMUMAN

DAFTAR INFORMASI BEASISWA PRANCIS

Kamis, 16 Oktober 2014 | [57067 Dibaca]

Campus France adalah salah satu layanan dari Institut Prancis di Indonesia (IFI) yang mempunyai misi membantu mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya di Prancis.


Sebagai institusi resmi pendidikan tinggi di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Campus France membantu mahasiswa Indonesia mendapatkan informasi pendidikan, persiapan dan perencanaan studi, proses pendaftaran universitas serta pengurusan visa pelajar bagi mereka yang sudah diterima di salah satu institusi pendidikan tinggi di Prancis.


Campus France memiliki cabang di lima kota besar di Indonesia: Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan Medan.
Campus France juga membantu dan menjembatani institusi pendidikan tinggi di Indonesia untuk melakukan kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di Prancis melalui berbagai skema seperti ijazah ganda (double degree), pertukaran pelajar dan dosen serta pertukaran peneliti.


Selain itu, Campus France juga menjadi pusat informasi beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Prancis, antara lain:

  1. BGF (Bourse du Gouvernement Français) yaitu beasiswa pemerintah Prancis yang dikelola oleh IFI. Beasiswa tersebut adalah beasiswa pembiayaan bersama dimana mahasiswa yang akan memanfaatkan beasiswa ini harus sudah memiliki pendanaan lain seperti dari pemerintah lokal (Pemda) kota maupun provinsi, kementrian seperti kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui beasiswa DIKTI dan Beasiswa Unggulan, Kementrian Agama, Kementrian Kelautan dan Perikanan, dll. Setiap tahunnya, IFI menyediakan sekitar 300 beasiswa. Pembukaan beasiswa adalah sepanjang tahun.
  2. Beasiswa Eiffel yaitu beasiswa yang diberikan dari kementrian luar negeri Prancis kepala calon mahasiswa asing untuk jenjang master dan doktorat. Beasiswa ini diberikan untuk jenjang hukum, ilmu politik, manajemen dan ekonomi, teknik, ilmu lingkungan dan MIPA. Pembukaan beasiswa adalah tanggal 27 September s.d 2 Desember setiap tahunnya.(SAAT INI PENDAFTARAN UNTUK BEASISWA EIFFEL SEDANG DIBUKA).
  3. Beasiswa Universitas Prancis. Setiap tahunnya beberapa institusi pendidikan tinggi di Prancis membuka beasiswa bagi mahasiswa internasional diantaranya adalah Université de Lyon, Université de Poitires, Sciences Po Paris, HEC (Sekolah Bisnis) Paris, IFA (Sekolah Fashion) Paris, dll. Periode pendaftaran untuk beasiswa tersebut adalah Januari-Maret setiap tahunnya.
  4. Beasiswa GDF SUEZ. Beasiswa dari kementerian luar negeri Prancis dan Grup GDF SUEZ diberikan kepada mahasiswa asing di Prancis. Untuk mahasiswa di Indonesia, beasiswa ini akan dijalankan mulai tahun ajaran 2013/2014 atas dukungan Institut Prancis di Indonesia (IFI). Dengan masa studi satu tahun di IFP School untuk master di bidang pengembangan dan eksploitasi pertambangan, program beasiswa ini diakhiri dengan tugas magang di salah satu kantor GDF SUEZ. Peserta terpilih akan menerima beasiswa sebesar 33.400 € dari Grup GDF SUEZ, tutorial selama masa studinya di Prancis dan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan tersebut. Sedangkan IFI akan memberikan beasiswa jaminan sosial berupa status ‘Penerima Beasiswa Pemerintah Prancis’, serta berbagai keuntungan yang didapatkan dari status tersebut: asuransi, visa gratis dan status mahasiswa.
  5. Beasiswa Regional Prancis. Pemerintah daerah Prancis, seperti Ile de France dan beberapa daerah lainnya, memberikan beasiswa bagi kelangsungan pendidikan mahasiswa asing di Prancis.
  6. Beasiswa TOTAL E&P. Beasiswa dari perusahaan minyak Prancis ini ditujukan bagi mahasiswa asing di seluruh dunia. Seleksi di Indonesia dilakukan oleh TOTAL E&P Indonesia. Periode pendaftaran adalah bulan Desember-Februari setiap tahunnya. Proses seleksi dilakukan di beberapa kampus di Indonesia, antara lain: UI, ITB, UGM, dan ITS.
  7. Beasiswa Excellence Major. Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar asing lulusan dari SMA Prancis (Lycées Français). Penerima beasiswa berhak mendapatkan manfaat bantuan biaya dalam melakukan studi selama 5 tahun pendidikan (S1 dan S2).
  8. Beasiswa Erasmus +. Beasiswa Erasmus + dari Uni Eropa untuk siswa non-Eropa dapat diakses untuk studi ke Prancis atau ke beberapa negara di Uni Eropa. Beasiswa ini mencakup seluruh atau sebagian dari biaya kuliah dan biaya hidup bagi siswa Master dan Doktorat Erasmus +.
  9. Beasiswa Hermès Post-Doktorat. Program Fernand Braudel-IFER menawarkan beasiswa Hermès yang dirancang untuk para peneliti asing tingkat tinggi dalam bidang humaniora dan ilmu sosial melakukan penelitian di universitas dan pusat penelitian di Prancis.

    Informasi lengkap beasiswa di atas dapat diakses di: www.beasiswa.ifi-id.com dan http://www.indonesie.campusfrance.org/id/node/9369
    Situs terkait: www.indonesia.campusfrance.org dan www.ifi-id.com
     



Pengumuman Lainnya:

14 November 2019 PENGUMUMAN WISUDA KE-145 (NEW)
23 September 2019 PENGUMUMAN WISUDA KE-144
20 September 2019 LAPOR GOES TO CAMPUS - UNSRI PALEMBANG
10 September 2019 PENGUMUMAN HASIL PENETAPAN KELULUSAN CALON MAHASISWA BARU S3 ILMU BIOMEDIS FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN 2019
05 September 2019 UPDATE DATA NIK MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Agustus 2019 PENDAFTARAN SULIET KHUSUS MAHASISWA BARU ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS SRIWIJAYA (TANPA DIKENAI BIAYA PENDAFTARAN)
13 Agustus 2019 PENGUMUMAN PEMBAGIAN JADWAL WISUDA KE-143
05 Agustus 2019 PENGUMUMAN PK2 2019
28 Juli 2019 PENDAFTARAN ULANG DAN TES KESEHATAN CALON MAHASISWA BARU CALON PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA JALUR SBMPTN TAHUN AKADEMIK 2019/2020
28 Juli 2019 PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SRIWIJAYA JALUR UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2019 KELOMPOK DIPLOMA DAN S1 ALIH PROGRAM
22 Juli 2019 PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SRIWIJAYA JALUR UJIAN SARINGAN MASUK BERSAMA (USMB) TAHUN 2019 KELOMPOK SARJANA S1 (DARI SLTA)
19 Juli 2019 PENGUMUMAN WISUDA KE-143
09 Juli 2019 PENGUMUMAN VERIFIKASI DATA, PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN REGISTRASI BAGI CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SRIWIJAYA LULUS JALUR SBMPTN 2019
09 Juli 2019 PENGUMUMAN LELANG
08 Juli 2019 UKT TA 2019/2020
27 Juni 2019 JADWAL DAN PERSYARATAN PILREK UNSRI 2019
27 Juni 2019 SK MAHASISWA BARU MAGISTER MANAJEMEN ANGKATAN XLVIII
11 Juni 2019 PENYERAHAN SK CPNS UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2018
28 Mei 2019 PENGUMUMAN HASIL PENETAPAN KELULUSAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS FAKULTAS KEDOKTERAN PERIODE JULI 2019
20 Mei 2019 SOSIALISASI PEMILIHAN REKTOR UNIVERSITAS SRIWIJAYA