BERITA DAN INFORMASI

Dialog Publik Peningkatan Produktivitas Masyarakat Berbasis Pariwisata Lokal

Jumat, 08 Februari 2019 | [1010 Dibaca]

Menuju masyarakat informasi Indonesia, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim menyelenggarakan kegiatan Forum Dialog Publik yang bertujuan untuk melakukan edukasi di ruang publik. Dialog publik yang diberi tema "Peningkatan Produktivitas Masyarakat Berbasis Pariwisata Lokal" tersebut berlangsung di Graha Sriwijaya, Kampus Universitas Sriwijaya Palembang (6/2/2019).

Dialog Publik tersebut dihadiri Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, Sekda Sumsel Nasrun Umar, Rektor Unsri Anis Sagaf, Direktur Informasi Komunikasi dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary, dan civitas akademika Unsri.

Rektor Unsri Anis Saggaff menyambut baik Dialog Publik yang mengangkat topik pengembangan pariwisata lokal. Dia menyebutkan Unsri memiliki banyak mahasiswa yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan Unsri siap mendukung pariwisata Sumsel. "Banyak mahasiswa Unsri memiliki kemampuan berbahasa Inggris sangat baik. Kami siap mendukung pariwisata Sumsel lebih maju," ungkap Anis Saggaff.

Pada pembukaan acara, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika Septiana Tangkary menegaskan, pembangunan infrastruktur fisik seperti palapa ring, tol, bandara dan jalur KA baru mempermudah menikmati pariwisata Indonesia

"Karena itulah, jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat dari 2015-2018. Terbuka banyak kesempatan bagi adik-adik Unsri untuk mendampingi pariwisata Indonesia jadi lebih membumi di seluruh dunia", kata Septiana.

Di depan ratusan mahasiswa, Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho membuka alasan mengapa empat tahun pertama pemerintahan Presiden Jokowi fokus pada pembangunan infrastruktur. Ini tak lain karena pembangunan infrastruktur adalah fondasi bagi pembangunan sumber daya manusia, yang menjadi fokus Jokowi pada tahun-tahun berikutnya. Pemerintahan Jokowi tegas melakukan pemerataan pembangunan melalui visi Indonesia Sentris.

"Yang dibangun tidak hanya Jakarta. Bukan hanya kota, tapi juga desa. Ini terbukti dengan kebijakan program Dana Desa dan pencanangan 10 Bali Baru di sektor pariwisata," kata Yanuar Nugroho.

Sedangkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebutkan, membangun destinasi pariwisata rumusnya ada 3 A yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas atau fasilitas penunjang bagi para wisatawan. Untuk A pertama, ada Top 3 Atraksi di Sumatera Selatan yakni ekowisata, budaya, tradisi dan kuliner serta Sport Tourism dan MICE.

Menpar menguraikan, untuk Top 3 Aksesibilitas di Sumatera Selatan, ada jalur udara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, jalur laut Pelabuhan Boom Baru serta jalur darat dengan adanya LRT dan jalan tol. "Top 3 Amenitas di Sumsel ditunjukkan dengan memadainya akomodasi, fasilitas pariwisata dan kebersihan," urainya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo menjelaskan, sektor pariwisata di Palembang memberikan kontribusi besar bagi peningkatan pendapatan asli daerah.

Menurutnya, Palembang memiliki 11 zona pengembangan Pariwisata yang siap dikembangkan dan membutuhkan dukungan pusat. Ditingkat lokal, Pemerintah Palembang telah merumuskan sejumlah kebijakan daerah untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata.

Berbicara tentang pariwisata, tentu tidak terlepas dari kebersihan. Salah satu upaya Pemerintah Palembang untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan adalah dengan menggiatkan Gerakan Gotong Royong. Program Gerakan Gotong Royong serentak di 107 kelurahan ini dituangkan dalam Keputusan Walikota Palembang No 38/kpts/2017 dan Perwali No 14 Tahun 2019.

"Ini adalah gerakan moral bersama dalam menjaga kebersihan. Dengan bersama-sama ber gotong-royong kami berharap masyarakat sadar untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Harnojoyo mengaku, gerakan gotong royong telah berhasil menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota palembang. Melalui gerakan gotong royong ini pula Palembang mampu mempertahankan Adipura hingga 12 kali. (Ara) 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT