BERITA DAN INFORMASI

IKAPERSI Dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Menggelar Seminar Nasional Keperawatan

Rabu, 29 November 2017 | [3720 Dibaca]

Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya (IKAPERSI) dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya menggelar seminar nasional keperawatan yang diberi tema "Implikasi Perawatan Paliatif pada Dunia Kesehatan" yang berlangsung di Grand Atyasa Convention Center Palembang, digelar selama 2 hari, pada tanggal 25-26 November 2017.

Hadir sebagai narasumber pada seminar nasional tersebut yakni, dr. Niken Wasta Palupi, MKM dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif Kanker dan HIV", DR. Sri Setiyarini, M.Kes dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif di ICU dan UGD", dr. Muhammad Ali Apriansyah SpPD, Kpsi, FINASIM dengan tema "Pendekatan Psikosomatik pada Penatalaksanaan Pasien yang Memerlukan Perawatan Paliatif", Jum Natosba, S.Kep. Ns. M.Kep. Sp. Kep. Mat dengan tema “Paliatif Nursing Theori”, dan Warnides, S.KEP, Ns dengan tema "Peran Alumni dalam Perkembangan PSIK FK UNSRI Menuju Perawatan Palliative Tahun 2025".

Seminar nasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med. Sc. Dalam sambutannya dia mengungkapkan bahwa pentingnya quality dalam perawatan dan pengobatan.

"Berbicara tentang perawatan paliatif ada satu yang harus ditonjolkan yaitu fashion quality, kualitas dari sisi pasien, karna di paliatif ini perawatan kayaknya lebih bersifat personal bahkan sangat personal".

Lebih lanjut dikatakannya perawat yang bertugas harus menguasai bagaimana komunikasi individu dengan pasien. Menurutnya ini merupakan suatu ilmu yang sangat diperlukan dari sisi personal quality.

"Perawat harus menguasai teknik-teknik komunikasi individu dengan pasien-pasiennya disamping itu kemampuan ilmu keperawatannya juga harus mumpuni" ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Universitas Sriwijaya, dr. Syarif Husin, M.S megungkapkan banyak hal yang perlu disampaikan, dikaji, ditelaah kembali agar lebih maju lagi untuk kedepannya. Dalam kesempatan itu dia mengutarakan masalah masyarakat yang lebih senang dan bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar daerah bahkan di luar negeri.

"Apakah pelayanan kesehatan yang kita lakukan selama ini tidak baik, sehingga masyarakat kita lebih senang dan lebih bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar. Apa yang harus diperhatikan agar masyarakat nyaman di rumahnya sendiri" ujarnya saat memberi sambutan.

Dia berharap dengan adanya kegiatan seminar ini dapat saling mengasuh, mengasih, dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan pelayanan kesehatan.

Selain dari Kementerian Kesehatan, Seminar nasional itu di hadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Letizia, M.Kes, kepala dinas pendidikan kota Palembang, dan Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya beserta tamu undangan lainnya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT