BERITA DAN INFORMASI

[#SaveJalanPlgLayo!] Release Resmi Aliansi GARDA SRIWIJAYA

Kamis, 26 Maret 2015 | [82744 Dibaca]

Ucapan terimakasih luar biasa yg tak cukup diungkapkan dengan seribu bahasa saya lantunkan teruntuk kawan2 seperjuangan yg hari ini tumpah ruah tembus di angka 2000 turun memenuhi Jalanan Palembang dan Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Tiada kata yg lebih cocok selain kata bahwasanya kalian semua LUAR BIASA!

Berikut pernyataan sikap dan hasil MoU dari aksi #SaveJalanPlgLayo hari ini:

#SaveJalanPlgLayo!

Polemik Klasik Jalan Palembang - Indralaya yang tak Berkesudahan
(Release Resmi Aliansi GARDA SRIWIJAYA)

Sejatinya negara dan pemerintah berkewajiban untuk memenuhi setiap hak-hak warga negaranya. Mulai dari segi kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan keadilan sosial, bahkan kenyamanan akan penggunaan infrastruktur negara. Hal ini ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945 yakni pada alinea keempat yang berisikan tujuan dan kewajiban negara yang harus dilaksanakan setiap pemerintahan yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Jalan Palembang-Indralaya merupakan bagian dari jalan lintas timur sumatera atau dalam hal ini disebut juga sebagai jalan nasional. Artinya jalan ini merupakan jalan vital atau bisa dikatakan urat nadi jalan Pulau Sumatera. Layaknya sebuah urat nadi, pabila tersendat ataupun rusak maka bisa menyebabkan malapetaka bagi si empunya. Bukan hanya mahasiswa, tapi sebagian besar Masyarakat Indonesia terutama masyarakat Sumsel turut menanggung malapetaka polemik Jalan Palembang-Indralaya ini.

Berangkat dari permasalahan klasik jalan Palembang-Indralaya yang tak kunjung selesai, maka hari ini kami seluruh elemen Mahasiswa Uniersitas Sriwijaya yang tergabung dalam aliansi GARDA SRIWIJAYA (Gerakan Diskusi & Aksi Sriwijaya) telah menempuh jalan panjang untuk mencoba menyikapi, mengkritisi dan memberikan solusi kepada pihak yang berwenang (dalam hal ini Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat) terkait permasalahan jalan Palembang-Indralaya ini. Dimulai dari melakukan kajian ilmiah terkait permasalahan ini, kemudian melakukan pembuatan hastag ‪#‎SaveJalanPalembangLayo‬, selanjutnya di susul dengan pembuatan petisi online yang sampai saat ini sudah mencapai angka lebih dari 2500 dukungan tanda tangan, melakukan aksi damai di Kambang Iwak dalam rangka pencerdasan kepada masyarakat Palembang, berikutnya melakukan aksi pengumpulan koin peduli jalan Palembang-Indralaya, dan saat ini kita melakukan aksi tuntutan kepada pihak yang berwenang (dalam hal ini DPRD Provinsi Sumsel, Pemprov Sumsel, Dishub Sumsel, dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III/BBPJN).

Dengan demikian, hari ini kami GARDA SRIWIJAYA (Gerakan Diskusi & Aksi Sriwijaya) menuntut kepada semua pihak yang berwenang (DPRD Provinsi Sumsel, Pemprov Sumsel, Dishub Sumsel, dan BPPJN) untuk segera:

  1. Mendesak Pemerintah pusat untuk memulai penyelesaian pembangunan Double Track jalan Palembang-Indralaya dan menyegerakan pembangunan jalan tol Palembang-Indralaya.
  2. Mendesak Pemerintah Pusat untuk mulai melakukan perbaikan jalan Palembang-Indralaya secara total dan berkualitas secepatnya.
  3. Hentikan angkutan truk batubara yang melintas di jalan lintas timur Sumatera dan segera selesaikan jalur khusus batubara secepatnya.
  4. Sediakan penerangan di jalan Palembang-Indralaya secara memadai.
  5. Sediakan pos polisi dan tim evakuasi di setiap titik rawan kecelakaan.

 

Palembang, 25 Maret 2015
Koordinator Aksi

Febri Walanda
(Presiden Mahasiswa Universitas Sriwijaya)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT