BERITA DAN INFORMASI

Tim Scaning LJUN Dari Universitas Sriwijaya Diisolasi Selama 10 Hari

Minggu, 19 April 2009 | [10879 Dibaca]

Sebanyak 10 dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) yang ditugaskan sebagai tim scaning Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) diisolasi selama 10 hari. Selama bekerja, Mereka dilarang berkomunikasi ke luar, termasuk membawa ponsel. Aktivitas istirahat, makan dan minum hanya dilakukan di ruang posko Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) atau Baliteks, Unsri.

Tim ini berwenang penuh terhadap hasil UN siswa SMA/MA se-Sumbagsel, termasuk Bangka Belitung. Mereka mulai berkerja sejak pukul 10.00 Senin (20/4) besok. Pengisolasian ini dilakukan agar hasil UN benar-benar murni kerja siswa tanpa ada tendesius dari pihak manapun, termasuk guru serta civitas Dinas Pendidikan Kabupaten/kota.

Hal ini diungkapkan Penanggung Jawab Pengawas Unsri untuk Ujian Nasional SMA/MA Sumsel, Dr Anis Saggaf MSCE, Sabtu (18/4). Dirinya mengatakan tindak isolasi untuk menjaga kredibilitas PTN, sebagai lembaga yang ditunjuk resmi oleh Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BNSP). Lembaganya harus membuktikan objektivitas hasil ujian, kejujuran proses pelaksanaan. Karena itu, sekecil apapun bentuk kecurangan akan menjadi penilaian bagi PTN itu sendiri. "Objektivitas dan kejujuran hasil UN, itu yang kita utamakan sehingga perlu dilakukan tindak isolasi," kata Anis seraya mengakui tim scaning adalah dosen pilihan yang kredibilitasnya telah teruji.

Batas kerja tim scaning, lanjut Anis, usai soal diterima maka tim ini akan langsung mengolah data peserta UN sesuai daftar hadir. Bila jumlahnya LJUN yang diserahkan lengkap maka baru dilakukan pen-scaning-an satu persatu. Baliteks sendiri menyiapkan 10 mesin scaning berteknologi muktahir. Begitu semua LJUN usai diproses maka hasil scaning langsung dikirimkan ke BNSP, atau empat hari sesudah UN. "Ingat tim ini hanya men-scaning, bukan mengolah data atau melakukan penilaian, itu sepenuhnya hak BNSP," tegas Anis.

Anis juga mengatakan, Unsri pada pelaksanaan UN kali ini mengerahkan 511 dosen. Mereka dibagi dalam empat tim, yakni tim utama scaning berjaga di PPJK, tim kedua sebanyak 426 dosen akan ditugaskan sebagai pengawas Sekolah se-Sumsel. Tiap sekolah akan diawasi satu dosen. Tim ketiga beranggotakan 45 Dosen sebagai koordinator pengawas di 15 Kabupaten/Kota. Masing-masing Kabupaten/kota akan dijaga tiga dosen kordinator pengawas. Sedang tim keempat berjumlah 30 Dosen, tugasnya adalah mengevakuasi LJUN agar aman sampai ke Baliteks. "Proses pengawalan pengembalian LJUN akan disiagakan dua mobil pengangkut di tiap-tiap Kabupaten/Kota, dengan kawalan sekitar 60 polisi," kata Anis seraya menegaskan tiap hari tim ini akan bolak-balik mengantar LJUN ke Palembang.

Saat proses pelaksanaan UN, semua anggota tim akan dibekali berita acara penilaian. Anis menjelaskan penilaian itu berupa aksi-aksi kecurangan di lapangan, misal ada guru yang memberikan bocoran pada siswa, sistem silang murni tidak dijalankan, ada alat hitung masuk ruang ujian, peserta saling contek, guru mata pelajaran awasi ujian, segel soal dibuka. "Pokoknya tindak tanduk guru dan peserta di luar Sistem Operasional Prosedur(SPO) akan ditulis," kata Anis. Nantinya semua bentuk laporan kecurangan akan dikirimkan ke BNSP untuk dilakukan penindakan.

Diharapkan Anis, dengan sistem UN seperti ini maka citra pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik serta mampu menjaga nama baik sekolah dengan menjunjung tinggi obyektivitas.


Download attachment:
Tim Scaning LJUN Dari Universitas Sriwijaya Diisolasi Selama 10 Hari -



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT