BERITA DAN INFORMASI

Kembaranas se-Indonesia di Unsri

Kamis, 26 September 2013 | [13970 Dibaca]

Kemah Bakti Racana Nasional V (Kembaranas) diikuti oleh 50 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Upacara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), yang juga Ka. Mabigus Unsri, Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A berlangsung di Pelataran Gedung Kantor Pusat Administrasi Unsri Indralaya, 09 September 2013. 

Rektor Unsri, Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A dalam sambutannya atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa Gerakan Pramuka sebagai organisasi pemuda yang besar telah turut berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan pendidikan.
 
 
 
Salah satu masalah pendidikan yang sedang dihadapi sekarang ini, menurutnya adalah orientasi pendidikan yang belum sepenuhnya memanusiakan manusia dengan cara memberikan ruang untuk mengembangkan potensi diri peserta didik. Sedangkan hal paling mendasar untuk ditransfer dan diimplemanentasikan, menurutnya, bukan hanya kemampuan akademik berupa penguasaan sains, tetapi juga budi pekerti, moral, dan etika yang dimanivestasikan dalam bentuk ketegasan dan kasih sayang, memimpin anak dengan ketulusan hati nurani serta keteladanan. Sikap inilah yang menjadi simbol budi pekerti aklakkul karimah. Aklak tidak akan tumbuh tanpa diajarkan dan dibiasakan.
 
 
Pramuka pendega merupakan bagian dari civitas akademika yang memiliki kewajiban untuk turut serta mensukseskan dan mengamalkan Tri Darma Perguruan Tiggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Melihat dari tujuan pramuka tersebut maka perlu adanya pemberdayaan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidup masyarakat secara luas yang maju dan berdaya saing membutuhkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap taraf hidup. 
Pemerintah Indoneisa melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa bangga kepada generasi muda Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Pramuka ini. Mari kita bersama-sama membangun bangsa ini melalui pendidikan kepramukaan. Di sini kalian akan dibekali ilmu-ilmu kepramukaan yang nantinya ilmu tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk kalian karena kalianlah yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini. Kemah bakti rancana nasional V ini adalah salah satu kegiatan yang bernilai sangat positif karena berisikan kegiatan bakti yang dikemas dalam berbagai bidang dengan tujuan membantu membangun daerah, bakti, dan sekaligus membentuk karakter pramuka mewujudkan nilai-nilai Dasa Dharma,” katanya.
 
Kembaranas yang dilakukan di desa Kota Daro, Kec. Rantau Panjang, Kab. Ogan Ilir meliputi empat kegiatan utama, yaitu kegiatan umum, kegiatan Bhakti Fisik, Bhakti non Fisik, dan non Bhakti. Bhakti fisik meliputi perbaikan poskamling, perbaikan kantor desa, pembuatan lampu jalan dan plang jalan, pembangunan dan pembuatan akses jalan, perbaikan mesjid, pembuatan dan perbaikan sarana olah raga, pembuatan tugu Kemabaranas V, pembersihan desa dan pembuatan kotak sampah, pembuatan taman baca atau perpustakaan desa. Kegiatan bhakti non-fisik meliputi cek kesehatan gratis dan donor darah, pengobatan gratis, pendidikan kepramukaan, pengajian, penyuluhan pertanian, pelatihan kesenian dan kerajinan daerah, training kewirausahaan. Kegiatan non-bhakti adalah seminar nasional, permainan daerah, lokakarya nasional, tablig akbar, temu ramah Gubernur Sumsel, Forum Kembaranas V, wisata desa dan wisata kota, malam bhineka tunggal ika.
 
Kembaranas diikuti oleh 200 orang dari 50 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesisa, yakni Univ. Lambung Mangkurat, Univ. Sebelas Maret, STKIP Moh. Pringsewu, ATP Pringsewu, Univ. Mataram NTB, Univ. Galuh, Institut Agama Islam Darussalam Ciamis, STAI Putera Galuh, Stimik Pringsewu, IAIN Raden Intan, Univ. Dipo Negoro, Univ. Mathla’ul Anwar, Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Univ. Bengkulu, Univ. Truno Joyo, Univ. Palangkaraya, Univ. Maritim Raja Ali Haji, Univ.Nusa Cendana, Unila, UGM, Univ. Tirtayasa, Unair, Univ. Negeri Surabaya, Univ. Brawijaya, Univ. Trisakti, Univ. Moh. Palembang, USU, IAIN Antasari, Univ. Malikussaleh, Univ. Batu Raja, Univ. Negeri Yogyakarta, Univ. Jendral Sudirman, Stikes Jayakarta, Univ. Negeri Malang, Stain Metro Lampung, STKIP Dharma Wacana Metro, STKIP PGRI Bandar Lampung, IAIN Sunan Ampel, Univ. Jabal Ghafur, Univ. Mulawarman, Univ. Tanjung Pura, Univ. Andalas, Univ. Jambi, Univ. Batanghari, IPB, Univ. Negeri Gorontalo, IAIN Raden Fatah, Univ. Moh. Yogyakarta, UNJ. Sedangkan Panitia Nasional terdiri dari Unsud, UNY, UGM, Univ. Gorontalo, Univ. Mulawarman, Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Unila. 
 
Hadir dalam acara pembukaan Rektor Unsri, Pembantu Rektor II dan III, Pangdam II Sriwijaya yang diwakili oleh Asisten Teritorial, Ka Kwarda, Ka Dinas Pend. Prabumulih, Ka. Kwarcab. Palembang, Ka. Kwarcab OKU, Kapolres Ogan Ilir, Yon Kav Karang Endah, Kepala TVRI Palembang, Camat Rantau Panjang, BNI Cabang Ogan Ilir, DKC Kota Palembang, para pejabat Unsri dan para pejabat instansi lainnya. (Yo*) 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT