BERITA DAN INFORMASI

Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Dies Natalis Ke-6 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Selasa, 04 Desember 2012 | [10782 Dibaca]

Universitas Sriwijaya berawal tahun 2003 dengan mendirikan Program Diploma Komputer, kemudian tahun 2005 mendirikan Program Ilmu Komputer yang pada tanggal 1 Desember 2006 menjadi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2012 ini tepat berusia 6 tahun. Fakultas Ilmu Komputer diresmikan pada tanggal 1 Desember tahun 2006 oleh rektor Prof. Dr. Ir. Zainal Ridho Djafar. Fakultas ini didirikan dengan memperhatikan kehidupan dan tantangan masyarakat serta keinginan Unsri untuk mengembangkan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi dalam upaya menuju masyarakat madani.

Pimpinan Universitas, Pimpinan Fasilkom dan staf dosen memahami betul perlunya membangun networking untuk meningkatkan mutu dan sumber pendanaan untuk menaikkan eksistensi Fasilkom dalam kanca Internasional. Oleh karena itu, Pimpinan fakultas berkomitmen menjadikan semua dosen sebagai atase dalam menjalin kerjasama dalam bidang riset, pengajaran dan pelatihan. 

Mulai tahun 2009, Mahasiswa bilingual Fasilkom mengikuti perkuliahan satu semester ke Fakultas sains komputer dan sistem maklumat UTM, tahun depan fasilkom akan merencanakan kuliah mahasiswa di Thailand. Selain itu, mulai tahun depan juga Fasilkom membuat program Visiting Professor dari luar negeri selama 3 bulan tiap semesternya untuk menciptakan atmosfer penelitian dan publikasi internasional.  

Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dan dosen fasilkom terhadap perkembangan trend ICT dunia saat ini, mulai tahun ini fakultas telah membuat program berkala berupa perkuliahan dan konferensi jarak jauh (teleconference). Pada bulan Agustus diadakan telecenfence dengan UTM, pada bulan Oktober dilaksanakan teleconference dengan Japan Advanced Institue of Science and Technology yang diisi oleh pemilik paten teknologi 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing, pada tanggal 5 Desember nanti, fasilkom akan mengadakan kuliah jarak jauh dengan Keio University of Japan tentang Content Centric Networking. 

Mahasiswa Fasilkom juga pada tahun ini mengukir prestasi di UTM, Choirul Azim menjadi juara I public speaking mengalahkan 17 mahasiswa internasional lainnya. Begitu juga Seivira Choironisa yang menjadi juara I dalam program UTM'S Got Talent 2012. Dalam pengelola jurnal, Comengapp, salah jurnal Fakultas Ilmu Komputer berhasil diindeks oleh lembaga internasional seperti Copernicus, Core, Google Scholar, Newjour, dan Wolrdcat, dan saat ini palam proses untuk diindeks oleh Elsevier.  

Walaupun Fasilkom masih sangat muda dalam segi umur, akan tetapi fakultas telah banyak ikut berperan serta dalam membangun SDM ICT di sumatera selatan khususnya. Rentang tahun 2007-2010 Fakultas ilmu komputer berkerjasama dengan Biro Perencaan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Pemerintah Sumatera Selatan menjalan program pendidikan Teknisi Komputer Jaringan jenjang D-III yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga operator ICT di semua diknas 11 Kabupaten 4 kota di wilayah sumtera selatan. Program ini telah menghasilkan kurang lebih 350 tenaga operator ICT yang di tempatkan di ICT center diknas dan sekolah -sekolah. 

Sejalan dengan program Mendikbud ingin membentuk komunitas akademik di daerah-daerah, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mempunyai program apa yang disebut kelompok informasi masyarakat (KIM) dengan memanfaatkan internet desa yang menggunakan fasilitas satelit. Khususnya di Sumatera Selatan untuk memberdayakan KIM ini dengan memanfaatkan internet desa. Menurut pemikiran kami, program Kementerian Komunikasi dan informatika ini perlu dibentuk ICT center yang berfungsi untuk mendidik tenaga operator, pengumpulan dan pengolahan data dan menyampaikan informasi secara real time baik ke pemerintah maupun ke masyarakat. Fakultas ilmu komputer Unsri sangat siap untuk menjadi patner dalam mendukung program-program kementerian komunikasi dan informatika di Sumatera Selatan. Saya ingin menyampaikan buah fikiran kami kepada bapak menteri. 

Fakultas Ilmu Komputer Unsri mengucapkan terima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika bapk Tifatul Sembiring dan staf yang telah sudih menghadiri acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer Unsri ke 6. Terima kasih juga kepada PT BNI, PT Pusri, dan PT Semen Batu Raja yang mendukung kegiatan Dies ini. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara ini. 

Dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya ke-6, salah satu kegiatanya adalah Rapat Senat terbuka yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2012 bertempat di Aula Gedung Magister Manajemen Universitas Sriwijaya. Kegiatan ini sebagai peringatan 6 tahun berdirinya Fakultas Ilmu Komputer Unsri sekaligus diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Bapak Ir Tifatul Sembiring. Kegiatan ini bertema "Membentuk professional IT berkarakter, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing tinggi".  

Acara dibuka dengan prosesi Senat beserta tamu kehormatan memasuki ruangan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tari tanggai, Pembukaan oleh ketua Senat Fakultas yaitu Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya bapak Dr. Darmawijoyo, M.Si., M.Sc. dilanjutkan dengan sabutan Ketua Senat Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Selanjutnya sambutan oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A. Kemudian dilakukan penandatanganan piagam kerjasama antara Fasilkom Unsri dengan Fakultas Sains Komputer dan Sistem Maklumat University Teknology Malaysia. Ditandatangani oleh Dekan Fasilkom Unsri Dr. Darmawijoyo, M.Si., M.Sc dan Dekan FSKSM UTM Prof. Dr. Mohd Aizaini Maarof dan sebagai saksi dari Fasilkom Unsri Dr. Ir. Siti Nurmaini, MT dan dari FSKSM UTM saksi oleh PM. Dr. Muhammad Shafie Abd. Latiff. Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata lalu orasi ilmiah dengan moderator Dr. Reza Firsyandaya Malik dimana orasi ilmiah yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Bapak Ir Tifatul Sembiring. Selesai orasi ilmiah dilanjutkan dengan Tanya jawab kemudian pemberian cinderamata. Pada saat itu juga ada kenang-kenangan berupa dua buah buku tentang biografi Menkominfo Ir. H. Tifatul Sembiring berjudul sepanjang jalan dakwah yang diberikan kepada Rektor Unsri dan seorang mahasiswa yang pertama kali memberikan pertanyaan. Cinderamata dari Fasilkom Unsri diberikan kepada pembicara dan pendukung acara Dies natalis yaitu: PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk, PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Semen Baturaja. Terakhir acara pembacaan do'a oleh Abdul Ghofur, S.Ag. kemudian ditutup dan prosesi Senat beserta tamu kehormatan meninggalkan ruangan. 

Peserta yang hadir dari Undangan diantaranya Dekan FSKSM Universitas Teknologi Malaysia, Mantan Rektor Unsri Bpk. Prof. Ir. Machmud Hasyim, MME, Pimpinan PT. BNI, Pimpinan PT. Semen Baturaja, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Prov. Sumsel, instansi pemerintah, Perusahaan Swasta, kalangan Industri, serta peserta umum. Dan juga unsur pimpinan Universitas Sriwijaya, Dekan dan staf, dan dari kalangan akademisi dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas di perguruan tinggi negeri dan swasta kota Palembang, Utusan Guru dan Pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Palembang.  



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT