BERITA DAN INFORMASI

UNSRI TERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN MULTI BANK

Selasa, 30 Oktober 2012 | [9398 Dibaca]

Universitas Sriwijaya (UNSRI) merupakan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi di Sumatera Selatan. Meskipun orientasinya bukanlah pada laba, UNSRI tetap menghadapi persaingan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya, baik secara lokal, nasional, regional, maupun internasional. Globalisasi dan berbagai perjanjian pasar terbuka seperti AFTA, NAFTA, dan sebagainya telah menyebabkan persaingan di pasar tenaga kerja menjadi kian tajam. Seorang pencari kerja bukan hanya menghadapi persaingan dari dalam negeri, melainkan juga dari negara-negara lain. Akibatnya, UNSRI dituntut untuk terus meningkatkan kualitas proses bisnisnya. Untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa dan dosen, serta untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya, UNSRI perlu mengembangkan suatu sistem informasi yang terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam lima tahun terakhir, UNSRI secara konsisten terus berupaya untuk mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yang modern, guna mendukung terwujudnya UNSRI menuju world class university. Implementasi Sistem Informasi Manajeman Akademik Kemahasiswaan (SIMAK) Online yang diterapkan mulai tahun 2008, baik bagi mahasiswa S0 dan S1, secara terus menerus disempurnakan dan dikembangkan. Pada tahap awal implementasi, pengembangan difokuskan pada proses pengisian KRS Online, sampai proses pencetakan KHS bagi mahasiswa S0 dan S1, dimana aktifasi status mahasiswa belum terintegrasi dengan pembayaran biaya pendidikan.

Pada tahap berikutnya, pengembangan difokuskan pada integrasi SIMAK Online dengan sistem pembayaran biaya pendidikan, aproval KRS Online oleh dosen PA, dan entry nilai Online oleh dosen pengampu matakuliah dan implementasi SIMAK Online bagi mahasiswa S2 dan S3. Integrasi SIMAK Online dengan sistem pembayaran biaya pendidikan telah mulai diterapkan dalam 2 semester terakhir, namun pada tahap ini mahasiswa hanya dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan pada bank tertentu yang ditunjuk oleh UNSRI, antara lain Bank BNI 46 dan Bank Sumsel Babel.

Untuk mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan pembayaran biaya pendidikan, saat ini UNSRI dan beberapa Bank mitra tengah mengembangkan sistem pembayaran biaya pendidikan multi bank, dengan sistem pembayaran seperti ini, mahasiswa memperoleh keleluasaan dalam memilih Bank tempat yang bersangkutan ingin melakukan pembayaran biaya pendidikan. Disamping keleluasaan dalam memilih tempat pembayaran, masa pembayaranpun akan mengikuti masa pengisian KRS, sehingga sepanjang masa pengisian KRS mahasiswa masih dapat melakukan pembayaran, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah mahasiswa yang lalai dalam pembayaran biaya pendidikan. selain itu bank mitrapun diperluas menjadi tiga bank, yaitu Bank BNI 46, Bank Sumsel Babel dan Bank Mandiri,   Insya Allah pengembangan ini dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi layanan akademik dilingkungan UNSRI.



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT