BERITA DAN INFORMASI

PERAN TIK DALAM MENDORONG PENINGKATAN KINERJA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Rabu, 07 Maret 2012 | [12116 Dibaca]

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis. Saat ini, hak mendapatkan informasi publik yang cepat dan tepat dijamin oleh UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Bentuk layanan publik yang dapat diberikan oleh lembaga pemerintah antara lain adalah pelayanan informasi publik. Universitas Sriwijaya sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi milik pemerintah memiliki kewajiban untuk menyajikan informasi kepada masyarakat, terutama informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas Sriwijaya. Salah satu program dalam Rencana Strategik Universitas Sriwijaya adalah peningkatan pencitraan publik dan pengembangan TIK terintegrasi. Melalui program ini, diharapkan citra Universitas Sriwijaya kepada publik, baik nasional maupun internasional, akan meningkat. 

Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer Universitas Sriwijaya merupakan unit pelaksana teknis universitas yang memiliki tugas dan fungsi sebagai pengelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Unsri. Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi universitas dilaksanakan dengan tujuan, antara lain: 1). memberikan dukungan optimal atas kegiatan belajar-mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, alumni, kegiatan penunjang seperti administrasi, serta mitra (industri); 2). mengantisipasi perkembangan kebutuhan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas; 3). menjamin penggunaan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi secara efektif, efisien, dan sesuai dengan hukum yang berlaku; 4).mendukung ketersediaan pelayanan informasi dan komunikasi pada komunitas Universitas; dan; 5). melindungi aset Universitas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti data, informasi, perangkat lunak, perangkat keras, dan prosedur-prosedur yang dikembangkan.

Dalam penatalaksanaan tugas dan fungsinya, untuk menjamin tercapainya tujuan penyelenggaraan TIK dilingkungan Universitas Sriwijaya, berbagai kegiatan telah disusun, antara lain: 1) Peningkatan dan Pengembangan Mutu Layanan Informasi Akademik; 2). Peningkatan Aksessibilitas Jaringan Internet dan Intranet Unsri; 3). Pengelolaan Sistem Informasi dan Data Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; 4). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Layanan Informasi Berbasis TIK; dan 5). Pengelolaan Laman Universitas Sriwijaya.

Untuk dapat mengukur capaian implementasi TIK dalam mendorong peningkatan kinerja Universitas diperlukan asesmen terhadap implementasi yang telah dilaksanakan sebagai feedback untuk pengembangan dan perbaikan dimasa depan. Berbagai instrumen ilmiah bisa digunakan, akan tetapi menilai kinerja diri sendiri jauh lebih sulit bila dibandingkan dengan menilai kinerja orang lain.

Euphoria pemeringkatan yang terjadi saat ini, baik yang dirilis oleh 4icu, webometric, greenmetric dan Tesca yang memiliki instrumen ukur dan parameter ukur yang berbeda menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi pengelola TIK Unsri dalam mengukur capaian implementasi TIK dilingkungan Universitas Sriwijaya. Peran TIK dalam meningkatkan kinerja Universitas Sriwijaya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun terus meningkat diberbagai dimensi, hal ini dapat dilihat dari konsistensi peringkat Unsri baik yang dirilis oleh 4icu atau webometric.

Euphoria pemeringkatan dijadikan salah satu tolok ukur dalam menilai peran TIK. Konsistensi dalam pengembangan dan perbaikan terhadap aspek-aspek yang menjadi tolok ukur pemeringkatan merupakan guideline yang sangat baik bagi pengelola TIK Unsri untuk perbaikan baik disisi perencanaan, implementasi dan operasi TIK. Satu kata bijak dari Rektor Unsri :Jangan merasa kita sudah bagus, jangan segan belajar dengan yang lebih dahulu dari kita, kerjakan yang terbaik demi Unsri.(hmy)

 

 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT