BERITA DAN INFORMASI

Pacu Pelajar-Mahasiswa Buat Robot

Senin, 01 Februari 2010 | [10276 Dibaca]

Demo empat buah robot karya mahasiswa Unsri, menyemarakkan acara Seminar Mikrokontroler dan Robot Expo yang berlangsung di Aula Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang, Minggu (31/1). Jenis robot yang ditampilkan meliputi Hexapod, Line Follower, Bipedal dan Recue Robot.

Empat robot ini tak ayal menjadi pusat perhatian sekitar 87 peserta seminar. Meski bentuknya sederhana dan belum berfungsi maksimal, robot-robot tersebut cukup membuat kagum peserta yang mayoritas dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Bahkan di antara peserta berebut untuk melihat dari dekat.

Bustomi Firmansyah, sang pembuat robot mengatakan, ia bersama Rahmat Kurniawan hanya menciptakan robot jenis Hexsapod, Bipedal dan Line Follower saja. Sedangkan jenis robot Recue merupakan karya Ade hasta Yunialdi yang juga teman satu kampusnya.

Untuk membuat tiga jenis robot tersebut ia bersama temannya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Berbeda dengan robot Recue yang menyerupai tank, membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk dapat menyelesaikannya. Hal ini selain karena rumit dan perlu ketelitian, robot satu ini banyak membutuhkan peralatan dan kelengkapan.

Keempat robot yang ditampilkan pada acara seminar tersebut menggunakan baterai dan remote control untuk menggerakannya. Bustomi menambahkan, robot ciptaan mereka merupakan bagian dari skripsi yang akan diujikan untuk kelulusan mereka dari Unsri.
"Mudah-mudahan karya ini bisa menghantarkan kami lulus ujian," harapnya.

Ferry P Wathan, MSc, EE, PhD, Purek I UKB mengatakan, demonstrasi robot tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara seminar yang bertujuan memperkenalkan penggunaan mikrokontroler kepada kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Selain itu melalui kegiatan seminar, pihaknya ingin memperkenalkan Jurusan Teknik Elektro Universitas Kader Bangsa Palembang.

Melalui kegiatan itu, ia berharap para pelajar termotivasi dan bisa mengambil manfaat dari kecanggihan teknologi tidak hanya sebatas kewajiban akademik. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman yang sarat dengan berbagai bentuk dan kemajuan teknologi saat ini, tentu

kualitas sumber daya manusia dari generasi muda sangat diharapkan. "Jangan sampai Jadi Teh Botol alias Teknisi Bodoh dan Tolol," jelasnya.

Seminar yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 16.00 menghadirkan tiga nara sumber yang kompeten dan profesional, diantaranya Ir Adi Kurniawan, Ir Mahshil dan Bhakti Yudho Suprapto, ST, MT.

Dalam kesempatan presentase materi di jelaskan, mikrokontroler adalah piranti yang tak dapat dipisahkan dari perkembangan di dunia teknologi digital dan merupakan komputer di dalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya.

Dengan penggunaan mikrokontroler, maka sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas, rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem berasal dari perangkat lunak yang mudah dimodifikasi.



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT