BERITA DAN INFORMASI

Pekerja Keras, tak Pernah Ucapkan Pidato

Rabu, 16 Desember 2009 | [9780 Dibaca]

Empat guru besar, dua dari Fakultas Teknik dan dua dari Fakultas Ekonomi, kemarin, dikukuhkan. Sayang, seorang di antaranya, yakni Prof H Agustinus H Puspowarsito MBA PhD, guru besar FE Unsri lebih dulu dipanggil Sang Khalik pada 28 Oktober 2009 lalu di usianya yang ke 52 tahun. Bagaimana sosok almarhum semasa hidup?

Suasana pengukuhan guru besar Universitas Sriwijaya di gedung Graha Sriwijaya, kampus Unsri Bukit Besar kemarin, berlangsung khidmat dan penuh suka cita. Hanya, sebuah kisah duka datang dari Ny Dra Hj Krisnawati Mursjid yang tak lain adalah istri tercinta (alm) Prof H AH Puspowarsito. Profesor yang sejatinya dikukuhkan menjadi guru besar bersama ketiga profesor lainnya.

"Bapak meninggal dunia dalam perjalanan dinas menuju Jakarta. Saat itu, beliau tengah mengurus keperluan jelang pengukuhan ini. Memang, sebelumnya bapak ada riwayat darah tinggi," ujar Krisnawati didampingi putra tunggalnya, Achmad Geofani Putranto dibincangi wartawan usai acara pengukuhan kemarin. 

Sesekali menyeka matanya yang tampak memerah, wanita yang dinikahi almarhum tanggal 29 Desember 1985 lalu menceritakan sosok Puspowarsito semasa hidup. Katanya, almarhum terakhir menjabat sebagai ketua program Magister Manajemen (MM) Unsri. 

Di matanya, selain sebagai suami, Puspowarsito juga sosok ayah sekaligus guru yang dikenal gigih dalam memperjuangkan keinginan menjadi guru besar. "Beliau itu pekerja keras. Di tengah kesibukannya, baik sebagai dosen maupun konsultan manajemen. Hanya, perhatian terhadap keluarganya tetap paling utama. Bapak juga tak pernah mengeluh soal pekerjaannya," jelas Krisnawati karyawan PT Pertamina Plaju ini lugas. 

Disinggung kesan terakhir yang ditinggalkan oleh almarhum, Krisnawati menggeleng-gelengkan. "Tidak ada kesan maupun pesan khusus dari almarhum," ujarnya lagi. 

Sebetulnya, tambah dia, surat keputusan (SK) pengangkatan almarhum sebagai guru besar FE Unsri per-1 September 2009. Hanya, baru diteken rektor Unsri pada 23 Oktober. Nah, sesuai dengan disiplin ilmu yang digelutinya selama ini, judul pidato pengukuhannya sebagai guru besar adalah bidang kewirausahaan. "Tapi, pidato itu tak pernah bapak ucapkan," kata Krisnawati. 

Ninik Sutopo, kakak tertua almarhum punya pandangan sendiri. "Dia itu bungsu dari tiga bersaudara. Memang, sejak kecil dia sangat rajin dan giat menuntut ilmu. Terlebih memang kami dibesarkan dalam keluarga TNI, karena bapak anggota AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia, sekarang TNI AU,red). Makanya ditanamkan disiplin sejak kecil," tandas Ninik yang juga pemilik usaha kafe Ipho Thea ini ramah.

Beda dengan Krisnawati, justru sebelum kepergian almarhum ke Jakarta, Ninik mengaku punya kenangan yang tak bisa terlupakan, di mana dua minggu sebelumnya, almarhum sempat menerima kedatangan temannya saat masih kuliah di Los Angeles (LA), Amerika Serikat. 

"Waktu ketemu kawannya yang dari LA itu di rumah saya, kelihatannya dia begitu senang. Barangkali karena sudah lama ndak ketemu. Meski saya tahu dia disibukkan urusan kerja dan persiapan jelang pengukuhan dia sama sekali tak pernah mengeluh, itu hebatnya dia," tandas Ninik yang mengaku mengikhlaskan kepergian almarhum. 

Diketahui, almarhum Prof Puspowarsito dilahirkan di Ambarawa, Jawa Tengah pada 28 November 1957. Ia merupakan putra bungsu dari pasangan Ali Sutopo dan Martini. Alumni FE Unsri dengan kiprah awal sebagai dosen di FE Unsri sebelum diangkat sebagai sekretaris program diploma III FE Unsri mulai tahun 1991-1995.

Prof Puspowarsito meraih gelar strata dua magister bussiness of administration (MBA) dari Youngstown State University, Ohio, USA tahun 1989. Kemudian, gelar doktoral PhD pada tahun 2006 di University Sain Malaysia (USM), Penang Malaysia. 

Selain sebagai staf pengajar di FE Unsri, almarhum juga aktif di berbagai organisasi. Di antaranya, duduk di dewan pakar Asosiasi Manajemen Cabang Palembang selain pernah menerbitkan dua buku. Masing-masing diberi judul "Kewirausahaan dan Metode Penelitian Organisasi" (dengan aplikasi program SPSS).  



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT