BERITA DAN INFORMASI

Fakultas MIPA Gelar Konferensi Internasional Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan

Kamis, 08 November 2018 | [1780 Dibaca]

Dari terselenggaranya konferensi ini paling tidak ada 3 (tiga) tujuan yang diharapkan dapat dicapai, yaitu sebagai ajang mempromosikan Fakultas Mipa, dosen, dan hasil riset dosen Mipa baik hasil riset yang sudah dipatenkan maupun yang belum dipatenkan; menjalin kerjasama yang bukan hanya kerjasama antar institusi, tetapi kerjasama antar dosen, kerjasama antar peneliti di sekala nasional dan internasional; dan mempublikasikan Prosiding internasional F. Mipa yang terindek scopus Quartile 2 (Q2) di Bulgaria dan jurnal nasional terakreditasi.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. kepada media ini di sela-sela acara Sriwijaya International Conference on Basic and Aplied Sciences yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Palembang, 6 November 2018.

Ia yakin tiga tujuan itu dapat tercapai semua karena menurutnya pada hari itu sudah ada beberapa tawaran kerjasama antar sesama dosen dan antar peneliti. “Kalau kerjasama institusional biasanya mandek di penandatanganan MoU, tetapi kalau dari pertemuan seperti ini peneliti ke peneliti dia langsung action. Kita juga ada Program S2 dan S3 kita butuh pembimbing atau promotor dari universitas lain dan dari institusi lain. Nah dipertemuan seperti ini bisa menemukan,” kata Prof. Iskhaq.

Konferensi internasional dengan tema Sciemces for Sustanable Development ini diikuti oleh 179 pemakalah dari luar dan dalam negeri.

Pemakalah luar negeri berasal dari Jepang 2 pemakalah, dari Taiwan 1 pemakalah, dari Malaysia 3 pemakalah. Pemakalah dari dalam negeri antara lain dari Universitas Indonesia, ITB, UGM, ITS, USU, Unja, Unmul, STT PLN, Unsri, dan IPB. Selain itu datang juga pemakalah dari Lipi dan BPPT.

Tiga Keynote speaker yang hadir antara lain, Prof. Minetaka Sugiyama dari Jepang dengan karya tulis berjudul MolekularGenetic Analysisand Application of Yeasts for Bioproduction; Prof. Ibrahim Mohamed dari Universitas Malaya Malaysia dengan karya tulis berjudul Circular Statistics –Theory and Aplication; Prof. Khairurrijal dari Institut Taknologi Bandung dengan karya tulisnya yang berjudul Research and Development of Nanofibraus Membranes for Air Filtration in Indonesia:from Electrospinning Process to Filtration Test.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan Gong pertama oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Anis Saggaff, MSCE dilanjutkan oleh para keynote speaker dan terakhir oleh Dekan F. Mipa. (Humas)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT