BERITA DAN INFORMASI

Kepala PPATK Beri Kuliah Umum Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Minggu, 12 Agustus 2018 | [102346 Dibaca]

Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya tentang Peran PPATK dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi. Kuliah umum tersebut merupakan bagian dari pembukaan kuliah perdana bagi mahasiswa baru sekaligus untuk memperingati lustrum ke 7 FISIP Universitas Sriwijaya, berlangsung di Graha Sriwijaya Palembang, Kamis (9/8/2018).

Prof Alfitri Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP menyebutkan alasan mengundang Kiagus Ahmad Badaruddin sebagai narasumber pada kuliah umum ini karena dua hal yakni, Kiagus Ahmad Badaruddin merupakan alumni Universitas Sriwijaya dan juga pernah menjadi dosen FISIP.

“Kami sengaja mengundang bapak Badaruddin karena dua hal, yang pertama karena dia adalah alumni Unsri, yang ke dua bapak Badaruddin ini pernah menjadi dosen FISIP ketika FISIP merintis menjadi salah satu fakultas di Unsri, jadi kita harus berbangga bahwa dosen FISIP diberi kepercayaan untuk memimpin salah satu lembaga tinggi negara” Ujar Alfitri dalam sambutannya.


Kuliah umum yang bertajuk “Peran Strategis Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia” ini menurut Prof Alfitri sangat penting untuk menambah pengetahuan dalam melakukan pengamanan terhadap aset negara yang pada intinya adalah upaya mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui pemberantasan korupsi.


“Kita berharap bahwa Kuliah umum ini akan memberikan sumbangsih yang besar bagi para mahasiswa dan peserta kuliah umum agar kita memiliki karakter yang sama untuk membangun sebuah generasi yang jujur, generasi yang terpercaya, dan generasi yang punya komitmen terhadap pembangunan bangsa ini” katanya.


Selain itu diharapkan juga kuliah umum ini memberikan wawasan kepada mahasiswa dan sebagai sarana pembentukan karakter anak bangsa. Menurutnya mahasiswa FISIP yang menjadi garda terdepan generasi penerus bangsa ini akan menjadi bagian terpenting bagimana mengawal generasi terdepan untuk anti terhadap korupsi.


“Kami berharap dari kuliah umum ini memberikan wawasan kepada mahasiswa dan kami minta bahwa mahasiswa FISIP harus kritis, harus kreatif, dan inovatif. Untuk itu manfaatkanlah kuliah umum ini sebagai sarana diskusi, sarana mengembangkan ilmu, sarana untuk bisa menambah jaringan. Mudah-mudahanan empat atau tiga setengah tahun kedepan alumni-almuni ini akan memiliki karakter yang diharapkan yaitu alumni yang jujur, alumni yang diberi kepercayaan dan alumni yang mempunyai komitmen untuk memimpin bangsa ini ke depan” pungkasnya.


Kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE. Dalam sambutannya dia menyampaikan ucapan selamat kepada FISIP yang menurutnya semakin maju dan ngetren khususnya jurusan Hubungan Internasional (HI) pada FISIP. “Saya selaku rektor mengucapkan selamat kepada FISIP yang maju terus, sekarang ini semakin ngetren khususnya jurusan HI, luar biasa HI nomer satu peminatnya” Ujar Rektor.

Pada kesempatan itu rektor menyebutkan salah satu program yang ia buat adalah mempercepat masa studi, dia menegaskan di tahun 2018 tidak ada lagi mahasiswa yang lebih dari delapan semester. “2018 tidak boleh adalagi yang lewat dari 8 semester, kita harapkan berjamaah unsri akan maju, karena kita sudah mencanangkan 2022 kita sudah harus WCU. Adik-adik sekalian tunjukan prestasi kalian, kalian adalah orang-orang terbaik, kalian adalah orang-orang pilihan” pungkasnya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT