BERITA DAN INFORMASI

Groundbreaking Pembangunan Embung Universitas Sriwijaya

Kamis, 09 Agustus 2018 | [101499 Dibaca]

Jumat (3/8/2018) pagi, Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE beserta jajaran pimpinan Universitas Sriwijaya bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Suparji S ST MT, Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Ilir (OI), Asisten II Pemkab OI, perwakilan dari Kodim 0402/OKI-OI, dan perwakilan Kapolres OI melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) dalam rangka pembuatan bangunan embung Universitas Sriwijaya.

Rektor Universitas Sriwijaya dalam sambutannya menyebutkan jika tahun depan pembangunan embung dengan volume 2.3 juta m3 ini selesai dibangun akan diusulkan lagi ke rekor muri sebagai embung terbesar di Indonesia.
“Embung yang volumenya 2,3 juta m3, inshaAllah kalau selesai tahun depan kita akan usulkan rekor muri lagi, embung yang terbesar di Indonesia” ujarnya saat memberi kata sambutan.

Dia mengatakan bangunan pelimpah atau embung ini sudah diusulkan selama tiga tahun yang lalu kepada Kementerian PUPR melalui BBWSS dan mendapat respon yang baik dari menteri PUPR, Menteri Desa, Menteri Perhubungan, dan tokoh-tokoh masyarakat di Jakarta. “Embung ini kita usulkan sudah tiga tahun yang lalu kepada kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera, alhamdulillah memang direspon betul” katanya.


Lebih lanjut dikatakannya kawasan tersebut nantinya akan menjadi sebuah danau yang luas yang memiliki banyak manfaat, bisa menjadi wisata mancing, sumber airnya juga dapat digunakan bagi masyarakat karena airnya jernih, selain itu ketika musim kemarau menjadi sumber air untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.
“Selama ini kawasan tersebut ketika musim hujan menjadi banjir, saat musim kemarau terjadi kekeringan yang mengakibatkan krisis air ketika penanggulangan kebakaran hutan dan lahan” ujarnya.

Menurutnya nanti ketika musim penghujan bisa menampung resapan air dan ketika musim kemarau justru airnya tetap ada dan dapat dimanfaatkan untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Asisten II Pemkab OI, H Muhsin Abdullah mengatakan pihaknya sangat menyambut baik proyek pembangunan embung yang diinisisasi oleh rektor Universitas Sriwijaya tersebut. Karena menurutnya embung ini memang sangat dibutuhkan yang tadinya merupakan program dari pemerintah.

Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Suparji S ST MT dalam sambutannya mengatakan hasil studi areal lahan milik Universitas Sriwijaya tersebut sangat cocok dan tepat untuk pembangunan embung. Inilah yang nantinya direkayasa pada saat musim hujan untuk mengurangi banjir, dan mengantisipasi terjadinya kelangkaan air pada saat musim kemarau.
“Saya merasa bangga menjalin hubungan dengan unsri, karena yang mendesain ini adalah saudara kita dari unsri yang bekerjasama dengan kita tentang teknologi. apalagi pak rektor tadi menyampaikan ini menjadi air yg jernih dengan kedalaman 3 meter, ini otomatis bisa digunakan oleh masyarakat sekitar dan oleh unsri sendiri” pungkasnya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT