BERITA DAN INFORMASI

Kominfo Ajak Mahasiswa Universitas Sriwijaya Bijak dan Produktif Bermedia Sosial

Rabu, 29 November 2017 | [7560 Dibaca]

Dalam rangka mewujudkan masyarakat informasi Indonesia yang kreatif, produktif, mampu mencerna informasi, dan bertanggung jawab dalam memproduksi informasi di era teknologi digital dan media social, Direktorat Komunikasi Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik menyelenggarakan kegiatan lokakarya dengan tema "Bijak dan Produktif Bermedia Sosial" yang berlangsung di Ruang Rapat Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Kamis (23/11/2017).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med. Sc. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat, terutama mahasiswa dan komunitas, sebagai agen perubahan dalam menyebarkan pesan positif, optimis, persatuan, dan kebangsaan serta memiliki daya saing terutama di bidang digital.

Dalam sambutannya Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, mengungkapkan di era teknologi dan digital saat ini media social tidak bisa dihindari. Menurutnya memang perlu dibekali agar bisa bermedia social dengan bijak dan produktif.

"Teknologi saat ini berkembang pesat, semuanya menggunakan media social. Saya kira kegiatan lokakarya bijak dan produktif bermedia sosial ini penting disampaikan kepada generasi muda. Saya senang dan berterimakasih kepada Kementerian Kominfo yang bisa sharing hal-hal bermanfaat kepada mahasiswa Universitas Sriwijaya" Ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI, Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si, Mengajak mahasiswa Universitas Sriwijaya mengisi informasi yang positif yakni, tentang keberagaman budaya, tentang kuliner dan sebagainya yang termasuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Selain itu dia juga memberikan kiat-kiat dan tatacara bermedia social dengan bijak dan produktif.

"Adik-adik harus berhati-hati dalam bermedia sosial jangan mudah menyebarkan berita negative karena bisa terkena UU IT E dengan hukuman penjara. Misalnya menyebarkan berita yang menciptakan kecemasan, ujaran kebencian, dan permusuhan" jelasnya saat memberi arahan.

Acara inti yakni Lokakarya Literasi Media Digital dengan tema "Bijak dan Produktif Bermedia Sosial" disampaikan oleh Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Netizen 2020.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh tim netizen 2020 diantaranya, mencegah cyber bullying dengan cara tidak mem-posting terlalu sering, menghindari konten postingan yang aneh, pintar dalam memilih teman di sosial media, dan jangan sembarang bercerita di sosial media.

Kegiatan Bijak dan Produktif Bermedia Sosial tersebut dihadiri sekitar 150 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Sriwijaya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT