BERITA DAN INFORMASI

UNSRI GELAR JOB FAIR, TERBUKA UNTUK UMUM

Sabtu, 22 Oktober 2016 | [10982 Dibaca]

UNSRI GELAR JOB FAIR, TERBUKA UNTUK UMUM
Dilaksanakan selama dua hari di akhir bulan ini.

Univeritas Sriwijaya (UNSRI) melalui Career Development Centre (CDC) Unsri, Palembang, bekerja sama dengan Indonesia Career Centre Network (ICCN) menggelar event job fair bertajuk “ICCN Career Expo Roadshow to UNSRI”. ICCN sendiri merupakan sebuah lembaga yang beranggotakan lebih kurang 150 pusat karir universitas dan institusi yang ada di wilayah Indonesia. Tujuannya adalah menjembatani agar setiap pusat karir lebih berkembang, dan memiliki andil untuk menyalurkan lulusan agar mampu mendapatkan karir sesuai dengan minat bakat, dimana salah satu core kegiatannya adalah job fair.

Kegiatan job fair ini akan dilaksanakan selama dua hari pada Rabu-Kamis, 26-27 Oktober 2016 dan bertempat di Gedung Graha Pascasarjana (Lantai 2) Universitas Sriwijaya, Jl. Padang Selasa no. 524, Bukit Lama, Ilir Barat I, Kota Palembang.

Prof. Nuni Gofar, Kepala CDC UNSRI, menyatakan bahwa tujuan utama dengan diadakannya job fair ini adalah meningkatkan kemampuan CDC Unsri dalam menjalin hubungan sinergis dengan perusahaan, mengenalkan unit CDC Unsri kepada masyarakat, dan membantu jobseeker memperoleh informasi lapangan kerja. Terlebih lagi, pelaksanaan job fair ini juga berdekatan dengan periode wisuda UNSRI angkatan ke-126 yang dilaksanakan pada Kamis (13/10).

Adapun periode wisuda kampus UNSRI sendiri dilaksanakan pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Sejak tahun 2016 adalah enam kali dalam setahun setahun, dibanding 2015 adalah lima kali setahun dan pada 2014 adalah empat kali setahun. Lulusan terdiri dari S0, S1, S2 dan S3 terdiri dari 11 fakultas dan 106 prodi. Untuk S1 saja hampir 4000 alumni per tahun, sementara secara total lulusan UNSRI per tahun sekitar 22% dari total mahasiswa. Hingga rilis ini dibuat, terhitung sudah beberapa perusahaan dan institusi yang menyatakan berpartisipasi, antara lain:
1. PT. Dexa Medica
2. Bank BJB
3. PT Sayap Mas Utama (Wings Group)
4. PT. Paragon Technology and Innovation
5. PT. Bank Tabungan Negara (BTN)
6. PT. Kalbe Farma
7. Bank CIMB Niaga
8. PT. Bank BTPN Syariah
9. PT. WOM Finance
10. Australia Awards Scholarship (Beasiswa)
11. Bank Sumselbabel
12. Bumitama Gunajaya Agro (BGA)
13. PT Varia Usaha Beton

A. Prosedur Masuk
Seperti telah disebutkan sebelumnya, job fair ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis. Bagi yang tertarik untuk datang, sebelumnya diharuskan untuk mendaftarkan diri secara online melalui pranala sebagai berikut : http://bit.ly/2dMOipJ

Pengunjung harus mendaftarkan diri sesuai dengan hari dimana yang bersangkutan akan datang ke lokasi job fair. Apabila menghendaki untuk datang di hari pertama dan kedua, maka tentunya wajib untuk melakukan registrasi sebanyak dua kali.

Selanjutnya, bukti dari daftar online yang nantinya terdapat QR Code tersebut, harus ditunjukkan kepada petugas di pintu masuk gelaran job fair. Petugas akan melakukan scanning QR code sebagai tanda bahwa pendaftar bersangkutan telah terdata sebagai pengunjung.

B. Benefit Mengikuti Job Fair
1. Lebih dekat
Selain mendapatkan kesempatan lebih mudah untuk mendapatkan karir idaman, job fair juga ini juga memberikan kesempatan bagi job seeker untuk dapat bertatap muka dengan officer perusahaan, sehingga dapat mencari informasi mengenai perusahaan dan lowongan yang sedang dibuka secara langsung.

2. Sesi Presentasi Perusahaan
Gelaran job fair ini juga memberikan fasilitas bagi para pengunjung untuk dapat menyaksikan langsung presentasi perusahaan di panggung utama. Perusahaan-perusahaan yang akan presentasi tersebut akan memaparkan lebih detail mengenai company profile perusahaan, jumlah kebutuhan, penjelasan mengenai posisi yang sedang dibuka, kriteria karyawan yang diharapkan, dan lain sebagainya.

3. Konseling Karir Gratis
Para pengunjung yang datang ke gelaran job fair UNSRI, dapat berkonsultasi secara langsung mengenai permasalahan karir secara langsung kepada psikolog. Sesi konsultasi ini bersifat gratis dan diperuntukkan untuk semua pengunjung selama dua hari pelaksanaan job fair.

4. Sesi CAREER WORKSHOP
Satu lagi acara menarik yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi para alumni UNSRI semua jurusan yang diwisuda pada angkatan 125 dan 126. Para lulusan yang diwisuda pada angkatan tersebut berhak mengikuti gelaran Career Workshop dnegan tajuk Job Hunting Preparation (JHP) pada H-1 pelaksanaan job fair, Selasa, 25 Oktober 2016. Adapun lokasi pelaksanaanya akan bertempat di Gedung MM Kampus Universitas Sriwijaya Bukit Besar - MM Universitas Sriwijaya, Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Palembang.

Job Hunting Preparation merupakan suatu program yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada alumni dalam mempersiapakan karir profesionalnya. Adapun cakupan materi dalam sesi JHP adalah pembuatan CV dan surat lamaran yang baik, tips sukses wawancara kerja, tips sukses menjalani Group Discussion, hingga pengetahuan mengenai busana yang sepatutnya dikenakan saat melamar kerja. Adapun pemateri yang akan mengisi sesi tersebut adalah Gita Nurani, M.Psi, Psikolog yang merupakan team People Development ECC UGM, serta perwakilan dari PT. Paragon Technology and Innovation (PTI).
Nuni menambahkan, ke depan, guna lebih mempersiapkan lulusan untuk bersiap lebih dini terjun ke dunia kerja, pihaknya akan terus melakukan pengembangan terhadap layanan di pusat karir. Untuk mahasiswa baru angkatan 2016, CDC UNSRI melakukan asesmen untuk mengetahui karakter mahasiswa yg akan digunakan sebagai bahan penyusunan pelatihan yg dibutuhkan oleh mahasiswa sesuai karakter dirinya.
Bagi lulusan UNSRI angkatan 125 dan 126 yang berminat dan tertarik untuk berpartisipasi, silakan segera daftarkan diri melalui pranala berikut : http://bit.ly/2dmAwL4 atau bisa juga melalui website CDC UNSRI di cdc.unsri.ac.id.

C. Keterangan dan Informasi Lengkap
Untuk update segala informasi lengkap mengenai serba serbi pelaksanaan job fair, silakan mengakses pranala website sebagai berikut : expo.careercenter.id.
Selain itu, segala bentuk informasi terbaru terkait job fair, akan diinformasikan melalui media sosial CDC UNSRI, yakni website : cdc.unsri.ac.id, twitter: @cdcunsri, Facebook: CDC UNSRI, dan juga Instagram @CDCUNSRI.

Seluruh rangkaian kegiatan ini juga terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak seperti career center ECC UGM Yogyakarta dan Binus Career Centre Jakarta, yang juga merupakan anggota ICCN. Pun demikian juga dengan dukungan dari berbagai media partner seperti Global Radio Palembang, Tribun Sumsel, Sriwijaya Post, Harian Suara Nusantara, dan Kampus Update.

POSTER




Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT