BERITA DAN INFORMASI

Universitas Sriwijaya Lantik 7.590 Mahasiswa Baru

Jumat, 05 Agustus 2016 | [5844 Dibaca]

Universitas Sriwijaya (Unsri) melantik Mahasiswa Baru (Maba) sebanyak 7.590 orang sekaligus pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) di Auditorium Unsri Indralaya pada Selasa, 2 Agustus 2016.

Tampak Maba per-fakultas dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan dengan mengenakan kemeja putih yang dipadupadankan celana/rok dasar hitam, tak lama kemudian maba memasuki gedung Auditorium. Mereka dipandu senior dari Fakultas masing-masing terlihat begitu bersemangat dengan membawa banner dan meneriakan yel-yel andalannya.

Rapat senat terbuka dengan acara penerimaan maba tahun akademik 2016/2017 di buka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE selaku Rektor Unsri. Dalam kesempatan itu, Rektor mengajak untuk selalu bersinergi, bahu membahu dalam semangat kebersamaan untuk membangun Unsri menuju World Class University (WCU), yang dapat memberikan inspirasi bagi kita semua serta meningkatkan peran Unsri di pemerintah, BUMN, masyarakat dan industri melalui IPTEK unggul untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2016.

Prosesi pelantikan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh rektor. Dilanjutkan dengan persembahan tari Gending Sriwijaya oleh Komunitas Tari Universitas Sriwijaya (Kotaru), Kemudian pelantikan maba oleh rektor serta pemakaian jaket almameter secara simbolis didampingi wakil rektor III bidang kemahasiswaan.

Prosesi selanjutnya adalah ikrar maba yang dipimpin oleh Meiza Rachman dari Fakultas Pertanian, dengan diikuti oleh seluruh maba secara bersamaan. Setelah prosesi ikrar selesai, seluruh dekan fakultas dan direktur program pascasarjana menerima daftar nama mahasiswa baru dari rektor. Dilanjutkan dengan pengenalan pimpinan dan senat unsri.

Acara Pelantikan maba diselenggarakan secara formal dihadiri oleh civitas akademika unsri dan wakil gubernur Ishak Meki. Dalam sambutannya ia menyampaikan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan budaya saing global Pemerintah provinsi Sumatera Selatan mengajak Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri tetap kreatif, inovatif, konstruktif mendesain pembelajaran kepada mahasiswa. Ia juga mengatakan bahwa pengetahuan diperoleh sesuai dengan jurusan yang dipilih, 80% ditentukan oleh kreativitas, kerja keras, semangat belajar, dan kemampuan nalar, sedangkan 20% ditentukan oleh dosen sebagai fasilitator.

Ketua I BPK Republik Indonesia, Dr. Agung Firman Sampurna, S.E., M.Si. dalam pidatonya menceritakan Pengalaman menjadi ketua I BPK (sebagai penyelenggara negara). dikatakannya pengalaman-pengalaman yang diterapkan diperoleh sejak menempuh pendidikan Strata 1, sementara pengalaman teknis dari program yang ditempuh, sedangkan pengalaman berorganisasi intra dan ekstra kampus menjadi nilai lebih dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara negara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketua MPR Republik Indonesia, DR (HC) Zulkifli Hasan, S.E., M.M. yang saat itu juga berkesempatan hadir menyampaikan pidatonya tentang Pancasila, NKRI, dan Bhineka Thunggal Ika. Dikatakannya Pancasila sebagai dasar negara terancam lumpuh, ada tapi terlupakan, untuk itu Pancasila penting diajarkan kembali kepada anak-anak penerus bangsa.

Dilanjutkan dengan Pidato Kepala BNN Republik Indonesia saat itu disampaikan oleh Kepala BNN Provinsi Sumatera Selatan, Brigjend Pol. Drs. Muhammad Iswandi Hari, Sh., M.Si. dengan tema Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Ia juga meneriakan yel yel anti narkoba “Narkoba Mati... Narkoba Mati... Prestasi Yes...” yang diikuti oleh seluruh maba.

Di hari yang sama Unsri menggelar Launching Perpustakaan Digital dan E-Brary oleh rektor sekaligus penyerahan secara simbolis CSR berupa Komputer sebanyak 81 unit dari Direktur Bisnis PT. Daya Mitra Telekomunikasi kepada Rektor Unsri, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari rektor kepada narasumber dan donatur komputer.

Sebelum Rapat Senat Khusus Terbuka tersebut ditutup tak ketinggalan Deklarasi Anti Perpeloncoan oleh BEM, DPM, Ormawa, se Unsri yang diikuti oleh seluruh maba.(Ara)
 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT