BERITA DAN INFORMASI

SEMINAR NASIONAL BADAN KERJASAMA PUSAT STUDI LINGKUNGAN INDONESIA DENGAN PUSAT PENELITIAN LINGKUNGAN HIDUP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Rabu, 02 Desember 2015 | [241114 Dibaca]

Pada tanggal 11 November, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Sriwijaya, bekerjasama dengan Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan Indonesia melaksanakan Seminar Nasional Tahunan di Ball Room Hotel Novotel Palembang. Tema seminar tersebut adalah "Etika Lingkungan dalam Eksplorasi Sumber Daya Pangan dan Energi". Seminar Nasional in dibuka oleh Rektor Universitas Sriwijaya, Ibu Prof. Dr. Hj. Badia Perizade.M.B.A, Makalah utama disampaikan oleh enam pembicara terundang yang diwakili dari pihak pemerintah, akademisi dan kalangan industri. Pihak pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Perwakilan dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai pembicara utama serta Bupati Ogan Komering Ulu Timur. Untuk perwakilan dari akademisi, makalah disampaikan oleh Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Kemudian dari kalangan industri diwakili oleh Direksi PT. Pupuk Sriwidjadja, dan Direksi PT. Medco Energi Internasional.


Tujuan utama diadakannya seminar ini adalah sebagai wahana/media untuk saling berdiskusi, bertukar informasi antar para ahli perguruan tinggi/pemerintahan/stakeholders dalam pengembangan teknologi pertanian dan pemanfaatn lahan yang berwawasan lingkungan. Hal ini terkait dengan upaya pengembangan dan pemanfaatan sektor pangan,energi dan sumber daya air.
Topik bahasan seminar ini terkait dengan tereduksinya etika dan perilaku dalam eksploitasi sumber daya alam oleh pihak-pihak yang tidak bertangung jawab. Hal tersebut dipengaruhi oleh pertambahan penduduk yang pesat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi namun penerapannya tidak ramah lingkungan. Ekploitasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang terkonsentrasi pada sektor tertentu tanpa mempertimbangkan kelestarian dan keberlanjutan telah menimbulkan efek negatif bagi sektor lain terutama sektor ketahanan pangan, ketahanan energi serta sumber daya air.
Terkait hal tersebut, berbagai perspektif dan pendekatan yang mengemuka, baik di media cetak maupun elektronik, aspek etika lingkungan jarang untuk dibahas. Sebagai konsekuensinya, sebagai salah satu contoh pengabaian etika lingkungan di Provinsi Sumatera Selatan adalah kabut asap (akibat dari kebakaran hutan dan lahan). Bencana kabut asap mengakibatkan terhambatnya aktifitas penerbangan, sekolah diliburkan, kekeringan meluas, beribu jiwa dari anak-anak hingga orang dewasa terkena ISPA, iritasi mata, hidung, tenggorokan, kulit, dan sederet penyakit lainnya, bahkan beberapa warga meninggal dunia akibat bencana ini. Penyelesaian masalah lingkungan hidup tidak bisa hanya didekati secara teknis-instrumental, melainkan upaya yang komprehensif-holistik, termasuk moralitas ekologi yang seharusnya dimiliki oleh setiap masyarakat termasuk kalangan industri.
Untuk itu, seminar ini membicarakan berbagai isu etika lingkungan hidup khususnya dalam bidang sumber daya pangan dan energi dari berbagai aspek keilmuan dan teknologi yang tengah berkembang selama beberapa kurun waktu terakhir. Isu tersebut antara lain pelestarian fauna terrestrial, perlindungan hukum masyarakat dalam sengketa lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dalam menjaga ketahanan pangan, tekhnologi pengelolaan sampah dan limbah untuk mendukung green collaboration value, dilema antroposentric tata ruang dan sebagainya.
Hasil seminar ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada penentu kebijakan dan pemangku kepentingan khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Daerah dan Stakeholders mengenai konsep etika lingkungan dalam eksplorasi sumber daya pangan dan energi.



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT