BERITA DAN INFORMASI

23rd Harvard World Model Nations 2014 di Brussels, Belgia

Senin, 16 Juni 2014 | [12636 Dibaca]

23rd Harvard World Model Nations 2014 di Brussels, Belgia (HWMUN) adalah konferensi mahasiswa internasional terbesar di wilayah dunia yang bertujuan untuk membuat resolusi terbaik yang dapat mengatasi masalah global di dunia saat ini. Adapun bentuk kegiatan ini terdiri dari konferensi dan The Resolution Project/Social Venture Challenge (Proyek Resolusi). Kegiatan ini diikuti oleh 1800 delegasi yang berasal dari 65 negara.


Resolution Project and Social Venture Challenge merupakan lomba proposal bidang proyek resolusi yang berkaitan dengan program kreativitas mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat. Adapun misi dari Proyek Resolusi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemimpin muda yang mempunyai tanggung jawab sosial dan memberdayakan mereka untuk membuat dampak positif hari ini. Visi Proyek Resolusi adalah untuk menciptakan generasi pemimpin yang berkomitmen seumur hidup terhadap tanggung jawab sosial. Kegiatan ini dinaungi dan dikontrol oleh tim asosiasi The Resolution Project yang berpusat di 64-15 Roosevelt Ave., Woodside, New York, USA.


Paintastic Kids! merupakan proyek yang dibuat oleh delegasi Universitas Sriwijaya yang bertujuan untuk memberikan hiburan, pengembangan soft skill, menciptakan usaha sendiri dari hasil kreativitas dan potensi diri, mengangkat keberadaan anak-anak jalanan sekaligus mengajarkan untuk menjaga lingkungan kepada anak-anak. Target proyek sosial ini adalah anak-anak yang tidak mempunyai rumah, yang bekerja sebagai pengamen atau pengemis, anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik dan mental, korban bencana alam, dan korban perang. Tujuan dari Paintastic Kids! ini akan dicapai dengan memberikan peralatan melukis berupa kanvas yang didaur ulang (recycled canvas), cat warna, dan kuas. Adapun untuk pemenuhan peralatan tersebut membutuhkan dana sebesar Rp 12.000,00 dengan rincian harga cat dan kuas itu Rp 6.000,00 sedangkan kanvas daur ulang itu Rp 6.000,00 untuk 100 anak jalanan. Diharapkan mereka dapat terhibur sekaligus meningkatkan kreativitas dan mengekspresikan perasaan mereka terhadap keadaan yang mereka alami sekarang. Adapun hal yang paling penting dari pelaksanaan proyek tersebut adalah dana dimana proyek ini hanya membutuhkan dana untuk peralatan melukis.


Mitra kerja proyek ini dengan bantuan organisasi sosial lain seperti Yayasan Aktive. Setelah anak-anak yang menjadi target proyek ini terkumpul, Paintastic Kids! akan merekrut beberapa sukarelawan untuk ikut membantu proyek ini. Lalu Paintastic Kids! akan segera melakukan proses melukis yang akan dimonitor oleh anggota Paintastic Kids! dan setelah proses melukis selesai, semua lukisan akan dikumpulkan. Paintastic Kids! lalu akan mengadakan pameran beserta penggalangan dana yang akan mengundang pemerintah setempat, organisasi lokal, dan organisasi internasional. Semua dana yang terkumpul dari pameran ini akan dikumpulkan dan diberikan kembali kepada anak-anak yang melukis lukisan tersebut sehingga secara tidak langsung kegiatan ini juga dapat sedikit membantu perekonomian mereka. Sekaligus proyek ini akan membantu peran pemerintah untuk memberikan kesejahteraan kepada anak-anak tersebut lagipula ini akan mengangkat pandangan baik terhadap potensi anak- anak tersebut di mata masyarakat.
Proyek ini diikutsertakan dalam lomba The Resolution project di Harvard World MUN 2014. Tahap seleksi kegiatan ini yakni: Tim peserta harus mengikuti tiga tahap seleksi administrasi, semifinal, dan final. Untuk tiga tahap seleksi administrasi: tahap satu yakni peserta mengajukan judul dan mendeskripsikan secara singkat proyek mereka dan terseleksi. Tahap kedua yakni peserta mendeskripsikan secara detail latar belakang, sasaran, gambaran umum kegiatan dan terseleksi. Tahap ketiga yakni peserta mendeskripsikan secara lengkap proyek mereka beserta pendanaan yang dibutuhkan dan terseleksi. Dari ke tiga tahapan ini terpilihlah 10 semifinalis yang akan mengikuti SVC forum, dimana semifinalis akan diberikan Booth atau Stand untuk mengenalkan proyek ke semua peserta HWMUN dan para juri. Kemudian terseleksi 5 finalis yang terdiri dari negara USA, Denmark, Indonesia, Afrika Selatan, dan Venezuela yang selanjutnya akan mempresentasikan proyek mereka secara langsung pada para juri. Setelah melalui proses penyeleksian, para juri mengumumkan 3 pemenang utama Resolution Project, yakni Indonesia, Denmark, dan USA. Ini kali pertamanya delegasi Indonesia memenangkan The Resolution Project di Harvard World MUN.
Kegiatan ini berkesinambungan dimana tindak lanjut dari kegiatan ini para pemenang akan diberikan dana sebesar US$ 3000 dan kamera untuk pengembangan proyek dan bekerjasama dikontrak selama dua tahun dengan Komite Resolution Project di seluruh dunia yang berpusat di New York, USA. Kegiatan ini akan dimonitor oleh komite Resolution Project tiap enam bulan sekali melalui dokumentasi yang dibuat oleh para pemenang (resolution fellows).
Keberhasilan yang dicapai ini berkat kerja tim yang hebat yang terdiri dari semua delegasi yang berasal dari lintas fakultas di Universitas Sriwijaya. Mahasiswa tersebut adalah Fernando Muslimin (Sistem Informasi’11), Meta Watisridewi (Hukum Internasional’11), Mona Meilinda (Hukum Internasional’11), M. Hadley Aulia (Kedokteran Umum’11), Nike Mardiana Marbun (Farmasi’11), Nuriasani Yukendri (Kedokteran Umum’11), Rasilia Palmi (FKIP B. Inggris’11).
Kebutuhan pelaksanaan proyek yakni pemberian izin kegiatan di bawah kontrol universitas berupa dukungan penyedia fasilitas tempat, pendanaan, dan kerjasama pemerintah lokal.
 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT