BERITA DAN INFORMASI

CATATAN AKHIR TAHUN TIK UNSRI: Kilas Balik Pengembangan dan Implementasi TIK Unsri, Harapan dan Tantangan 2013

Sabtu, 08 Desember 2012 | [11293 Dibaca]

Tahun 2012 akan segera berakhir dan fajar 2013 segera menyongsong. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kami selaku pengelola TIK Universitas Sriwijaya berusaha menuliskan catatan akhir tahun yang berisi informasi mengenai perkembangan TIK Unsri, harapan dan kendala yang dihadapi. Namun untuk tahun ini, kami akan mulai catatan ini dengan perjalanan TIK mulai tahun 2009 sampai saat ini.

Mungkin masih terpatri di ingatan kita, terutama bagi penggagas awal pembangunan infrastruktur TIK Unsri, dimana saat itu, tahun 1999, Unsri memulai debutannya memanfaatkan TIK untuk mendukung proses pendidikan dan administrasi dengan memanfaatkan bandwidth sebesar 256 Kbps, dan dimulai launching laman Unsri http://www.unsri.ac.id. Perkembangan TIK terus berlanjut, pada tahun 2000, dengan mulai dibangunnya backbone jaringan yang menghubungkan NOC dan fakultas-fakultas yang saat itu baru berjumlah sembilan fakultas, menggunakan kabel ‘fiber optic'. Namum perkembangan ini tidak dapat berlanjut sebagaimana semestinya, dalam kurun lebih dari 6 tahun tidak ada perkembangan yang berarti, baik di sisi infrastruktur maupun kontens, meski pada tahun 2006, bandwidth Unsri telah berkembang menjadi 2 Mbps. 

Penggantian pucuk pimpinan Unsri dan pendirian Fakultas Ilmu Komputer, merupakan momentum awal perkembangan TIK berikutnya. Rektor, Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A, merupakan sosok yang visioner yang memandang TIK sebagai sesuatu yang penting dan diperlukan dalam mendukung pengembangan Unsri, di dukung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer saat itu, Dr. Drs. H. Saparudin, M.T. Bak gayung bersambut, perkembangan TIK Unsri bergerak dinamis secara luar biasa. Diawali pada tahun 2007, Unsri memperoleh hibah bandwidth sebesar 10 Mbps dari Pemprov Sumsel, sehingga bandwidth Unsri menjadi 12 Mbps. Selain itu, guna mempercepat implementasi dan pengembangan TIK Unsri, Rektor membentuk sebuah Tim Adhoc yang diketuai oleh seorang dosen, Hendra Marta Yudha. Tim ini beranggotakan beberapa dosen dan karyawan yang memiliki kompetensi di bidang masing-masing, berasal dari berbagai fakultas, antara lain, Fakultas Ilmu Komputer, FMIPA dan Fakultas Teknik.

Langkah awal yang dilaksanakakan oleh Tim adalah membangun Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) Online. Pengembangan aplikasi ini dimotori oleh seorang dosen muda, Yadi Utama, yang memiliki pengalaman cukup dalam pengembangan aplikasi berbasis web, selain itu, dilakukan pula perubahan besar terhadap laman Unsri, diikuti dengan peningkatan aksesibilitas jaringan, dan peningkatan bandwidth Unsri menjadi 24 Mbps. Implementasi SIMAK Online merupakan langkah besar yang dilakukan Unsri. Meski pada awal penerapannya berbagai resistansi terjadi, baik dari fakultas maupun dari prodi, namun semua dapat berjalan sebagaimana seharusnya. Dukungan penuh dari Pembantu Rektor I, Dr. Ir. H. Zulkifli Dahlan, D.E.A., saat itu, membuat semua berjalan baik, meski belum semua fakultas menerapkannya. Perubahan laman Unsri dan perubahan lainya memperoleh apresiasi yang cukup menggembirakan dari webometrics, yaitu sebuah institusi internasional yang melakukan pemeringkatan terhadap laman Perguruan Tinggi di dunia. Laman Unsri yang tadinya belum pernah tercatat dalam release webometrics, pada awal Januari 2009 menempati ranking 37 Indonesia, dan terus meningkat, mencapai rangking 10 Indonesia. 
 
Peran PHKI tema A maupun tema B dan IMHERE, yang diketuai oleh Dr. Ir. Hj. Merry Hasmeda dan staf lainnya, tidak dapat dilupakan begitu saja, terutama dalam pengembangan infrastruktur TIK dan kontens. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk mendukung pengembangan infrastruktur TIK dan peningkatan kontens. Berbagai aplikasi berbasis web telah dikembangkan dan diterapkan. Untuk mendukung pengembangan kontens, bandwidth Unsripun sejak Oktober 2010 ditingkatkan menjadi 45 Mbps, dan sejak akhir 2009, jumlah ‘access point' (hotspot) di lingkungan Unsri meningkat secara signifikan. Yang semula hanya ada 15 titik, sampai akhir 2011 meningkat menjadi lebih dari 60 titik, dengan ‘coverage area' seluruh kampus Unsri, baik kampus Indralaya maupun kampus Palembang, sehingga seluruh unit kerja di lingkungan Unsri sudah dapat terhubung dengan intranet dan Internet Unsri. 
 
Dalam bidang Sistem Informasi, sejak tahun 2011, telah dikembangkan berbagai aplikasi, antara lain: data warehouse, penyempurnaan SIMAK Online dan penerapan sistem pembayaran dana pendidikan (H2H) yang melibatkan bank mitra, Bank BNI dan Bank Sumsel Babel. Guna mewujudkan Unsri sebagai universitas riset, salah satu upaya yang telah ditempuh adalah membangun repository karya ilmiah dosen dan mahasiswa melalui laman http://eprints.unsri.ac.id, dan http://ejournal.unsri.ac.id, diikuti dengan pengembangan sistem pembelajaran berbasis TIK, dengan alamat url http://elearning.unsri.ac.id, kegiatan ini terwujud berkat peran besar staf TIK, Candra Setiawan. Selain hal tersebut, pada tahun sebelumnya Unsri telah mengembangkan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG), http://simpeg.unsri.ac.id, sistem informasi penerimaan dana pendidikan, sistem informasi kearsipan (SIMARSIP), http://simarsip.unsri.ac.id, dan beberapa fitur lain seperti: repository open source, http://pempek.unsri.ac.id, blog mahasiswa, http://blog.unsri.ac.id, dan Podcast Unsri, http://video.unsri.ac.id. 
 
Dari segi aksesibilitas jaringan, pengembangan infrastruktur dan server Unsri juga menjadi perhatian penting bagi UPT Puskom Unsri, peran staf TIK, Sujianto, sangat besar dalam menetapkan arah dan pengembangan infrastruktur jaringan. Sejak tahun 2010, terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas aset server yang sangat luar biasa, demikian juga dengan pengembangan infrastruktur jaringan. Pada awalnya backbone jaringan Unsri belum mencakup keseluruhan fakultas dan unit kerja yang ada di lingkungan Unsri, namun Insya Allah sampai akhir tahun 2012, jaringan FO Unsri telah mencakup seluruh unit kerja dan beberapa program studi di Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan FKIP. Peningkatan kontens telah diikuti dengan peningkatan dan pengembangan aset server yang dimiliki Unsri. Saat ini Unsri telah memiliki lebih kurang 40 server denggan spesifikasi yang cukup memadai, termasuk sebuah blade server. 
 
Untuk meningkatkan layanan, UPT Puskom telah berupaya melaksanakan berbagai cara, mulai dari melaksanakan edukasi bagi pengguna, pengelola, dan pejabat di lingkungan Unsri dalam pemanfaatan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), melaksanakan assesment terhadap ketersediaan jaringan, dan telah menyediakan laman http://helpdesk.unsri.ac.id, untuk memudahkan pengguna TIK Unsri dalam menyampikan pengaduan dan sebagai salah satu bentuk layanan implementasi TIK Unsri. Kemajuan pesat ini tidak terlepas dari dukungan terus-menerus dari pimpinan universitas yang ICT-minded. Pimpinan universitas memberi perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan dan implementasi TIK, terutama untuk dapat memberikan layanan pemanfaatan TIK yang lebih baik. Peran Pembantu Rektor II saat itu, Dra. Hj. Kencana Dewi, M.Sc., yang bertekad mengurangi tingkat keluhan pengguna dan selalu memberikan dorongan agar sistem layanan TIK selalu menjadi lebih baik telah memacu motivasi UPT Puskom untuk selalu memberikan layanan yang lebih baik dan lebih baik. Semua ini, tentunya tidak lepas dari peran Kepala Biro Perencanan dan Sistem Informasi (BAPSI) Unsri, Anwar Karim dan Kabag Perencanaan BAPSI, Parama Santati, yang selalu memberi ruang bagi UPT Puskom untuk berdiskusi dan merencanakan bersama sistem penganggaran yang mendukung terlaksananya tupoksi UPT Puskom. 
 
Pada tahun 2012, selain peningkatan infrastruktur jaringan, sampai akhir 2012 ini, Unsri secara terus-menerus meningkatkan pemanfaatan TIK dalam layanan akademik. Saat ini tengah dilaksanakan berbagai kegiatan workshop dalam rangka persiapan implementasi sistem informasi ‘paperless office' berupa sistem disposisi dan pembuatan surat-menyurat online, sistem presensi perkuliahan berbasis kartu pintar, sistem informasi manajemen akademik online bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran, Program Pasca Sarjana pasca dan Magister Manajemen, sistem pelayanan administrasi kemahasiswaan dan sistem informasi pembayaran mahasiswa multi bank. Selain itu, Unsri saat ini juga tengah mengembangkan Sistem Informasi Keuangan yang mengintegrasikan sistem perencanaan dan penganggaran dengan sistem pelaporan keuangan PK-BLU Unsri. Penerapan berbagai aplikasi ini, diikuti pula dengan peningkatan kemampuan bandwidth Unsri, yang sejak awal Oktober 2012 meningkat menjadi 100 Mbps. Diharapkan implementasi berbagai aplikasi ini akan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Unsri menuju universitas kelas dunia. 
 
Harapan akan layanan TIK yang baik semakin tinggi. Kesadaran akan perlunya TIK semakin meningkat, berakibat pada semakin tingginya tuntutan akan akses Internet yang semakin cepat dan besar, 7 x 24 jam tanpa henti. Kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu juga semakin meningkat, baik untuk kebutuhan operasional kegiatan akademik, administrasi, perencanaan dan pengambilan keputusan, maupun untuk kebutuhan akreditasi dan kebutuhan lainnya. Hal ini membawa konsekuensi pada meningkatnya kebutuhan SDM di bidang TIK dengan kualitas dan kompetensi yang semakin tinggi. Untuk memberikan arahan tentang pengembangan TIK Unsri di tahun-tahun mendatang, Grand Design Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Universitas Sriwijaya akan direvisi menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Pedoman operasional di bidang TIK juga akan terus disempurnakan agar pemanfaatan TIK di lingkungan Unsri semakin optimal. Tingginya awareness yang diperlihatkan oleh pimpinan Universitas, mulai dari Rektor, Pembantu Rektor I, II, III, dan IV menjadi dorongan besar bagi UPT Puskom untuk melakukan yang terbaik, perbaikan dan peningkatan tatakelola dan re-organisasi sebagaimana yang direncanakan dan digaungkan oleh Pembantu Rektor I, Dr. Ir. H. Anis Saggaf, MSCE, dan skema pendanaan yang direncanakan oleh Pembantu Rektor II, Hj. Rochmawati Daud, SE., M.Si.Ak, merupakan peluang dan sekaligus tantangan bagi pengelola TIK Unsri untuk selalu memberikan yang terbaik untuk kemajuan Universitas Sriwijaya. Kami sadar, kami belum mampu memberikan layanan terbaik bagi sivitas akademika Unsri dan tenaga kependidikan, namun kami siap memperbaiki diri demi memberikan yang terbaik. 
 
Selamat datang 2013, kami siap memberikan layanan TIK terbaik untuk sivitas akademika dan tenaga kependidikan dilingkungan Universitas Sriwijaya. (hmy)

 



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT