BERITA DAN INFORMASI

Program Pengenalan Kampus untuk Mahasiswa Baru Diseragamkan Dikti Menjadi Program PK2 Unsri Hadirkan Anis Baswedan

Rabu, 29 Agustus 2012 | [13921 Dibaca]

Kegiatan mahasiswa baru yang dulu di Universitas Sriwijaya dikenal dengan nama Program Pengenalan Kampus (P2K) diseragamkan Ditjen Dikti menjadi Program Pengenalan Kehidupan Kampus (Program PK2). Hal ini disampaikan Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. kepada Media ini beberapa waktu lalu.
Selama ini nama kegiatan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi berbeda-beda, yaitu "Opdik", "PMB", "program pengenalan kampus", dan lainnya. Dikti menginginkan adanya kesamaan nama untuk kegiatan mahasiswa baru. Dari nama-nama yang direkap disimpulkan menjadi Program PK2. Dalam pelaksanaannya diberikan panduan oleh Dikti.
"Pada panduan itu salah satunya mengatakan bahwa kegiatan dikoordinir oleh rektorat, fakultas, dan jurusan, sedangkan ormawa diajak untuk membantu kelancaran kegiatan.
Kalau zaman dulu antara program fakultas dengan program ormawa itu tidak klop, sehingga kucing-kucingan jadinya. Di satu pihak menjaga jangan sampai ada mahasiswa senior yang ikut serta dan di lain pihak mereka ingin mengekspresikan apa yang mereka inginkan. Akibatnya main culik-culikan untuk diplonco. Hal ini terjadi karena tidak adanya komunikasi antara kedua belah pihak, yaitu antara rektorat dengan ormawa atau dekanat dengan ormawa, tetapi sekarang tidak lagi. Sejak tahun 2008 di Unsri selalu melibatkan Ormawa. Hanya saja kita harus sepakat tentang garis bantu-membantu, artinya programnya tetap disusun oleh pihak rektorat atau dekanat kemuadian ormawa yang membantu menjalankan. Jadi tidak boleh ada perpeloncoan. Siapa yang melakukan perploncoan kita skor ini sudah ada peraturan hukumnya. Dalam kegiatan ini, pada hari pertama mahasiswa baru tahun ini harus mengikuti ketetapan Dikti yang disamakan seluruh Indonesia. Acara lebih difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang membangun karakter, yaitu membangun akhlaq, etika, moral, dan motifasi interpreneur. Tidak boleh lagi dilakukan kegiatan-kegiatan pembodohan. Tidak boleh lagi ada perpeloncoan," kata Anis Saggaff.
Program PK2 Universitas Sriwijaya tahun ini akan diadakan pada tanggal 04--06 Sepetember 2012 dengan menghadirkan tokoh muda yang cukup menonjol dalam bidang pendidikan pencetus program Indonesia mengajar yang banyak diminati mahasiswa, yaitu Dr. Anis Baswedan, Rektor Universitas Paramadina Jakarta. Anis Baswedan juga dikenal sebagai orang yang ahli dalam pembinaan karakter, interpreneur, dan motivator.
Anis Saggaff mengharapkan dengan materi yang diberikan oleh Anis Baswedan, mahasiswa baru akan mempunyai identitas diri, bermoral, dan berakhlaq. Mahasiswa menjadi tahu bagaimana menghargai orang tua, bagaimana seharusnya orang tua kepada yang lebih muda, bagaimana kita bicara dengan orang yang tidak seberapa mengerti, dan bagaimana cara kita bicara dengan orang yang mengerti.
Kegiatan ini, kata Anis Saggaff, akan ditindak-lanjuti oleh Pembantu Rektor III. Selain interpreneur dan pendidikan karakter juga akan diadakan ESQ. "Ini sudah ada programnya di PR III tinggal menjalankan saja dalam acara PK2," kata Anis Saggaff. (Yo*)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT