BERITA DAN INFORMASI

Asian Medical Students Exchange Programme (AMSEP) International Medical University (IMU) Malaysia 30 Januari - 6 Februari 2012

Selasa, 14 Agustus 2012 | [14583 Dibaca]

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah menjadi bagian dalam berbagai bidang kehidupan di semua negara. Perbedaan tempat dan budaya pun terkadang ikut memengaruhi perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai organisasi dunia akhirnya telah melakukan beberapa cara agar semua negara dapat berbaur dan saling mengenal satu sama lain. Salah satunya adalah program pertukaran pelajar, mahasiswa, guru, dan pegawai.



Organisasi mahasiswa kedokteran Asia, Asian Medical Students Assosiation (AMSA), yang telah didirikan sejak tahun 1996 pun telah ikut mengambil peranannya untuk ikut membagikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran di negara Asia melalui program pertukaran mahasiswa kedokteran Asia yaitu Asian Medical Students Exchange Programme (AMSEP).



Program ini diselenggarakan atas kerja sama antara organisasi mahasiswa kedokteran Asia (AMSA International) dan berbagai universitas diseluruh negara Asia seperti Bangladesh, Cambodia, Pakistan, Papua New Guinea, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philippina, Singapore, Taiwan, Thailand, dan bekerja sama dengan UK dan Australia. AMSEP adalah program AMSA Internasional yang sejak awal bertujuan untuk mempererat persahabatan dan membentuk wadah untuk bertukar informasi, teknologi, ilmu pengetahuan, serta budaya antara mahasiswa kedokteran Asia.



Pada kesempatan kali ini, Rizky Amellia Andreasari dan Nuralisa Safitri dari AMSA Universitas Sriwijaya berhasil lulus dalam seleksi AMSEP Indonesia 2012 yang diadakan pada tanggal 30 Januari- 6 Februari 2012, di International Medical University (IMU), Malaysia. IMU merupakan universitas internasional di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia yang menjalankan twinning program dengan berbagai universitas Internasional di 33 negara seperti United Kingdom, United States, Australia, Singapore, Scotlandia, Swiss, New Zealand, dan masih banyak negara lainnya.



Twinning program ini dijalankan saat mahasiswa memasuki tahun ke-empat masa perkuliahannya, yaitu pada saat memasuki bidang klinis. Oleh sebab itu, mahasiswa di International Medical University (IMU)  tidak hanya berasal dari Malaysia (ras MCI-Malaysian Chinese, MII-Malaysian India, dan UMNO-Melayu Malaysian), tetapi juga berasal dari berbagai negara di Asia seperti Korea Selatan, Myanmar, Jepang, Sri Lanka, dan sebagainya.IMU menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi yang wajib dalam lingkungan kampusnya sehingga semua delegasi dari AMSA Indonesia yang berjumlah 10 orang juga menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan semua  dosen pengajar, staf, dan mahasiswa. 


IMU memiliki beberapa fakultas, yaitu fakultas kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, keperawatan, bioteknologi kedokteran, Chiropractic, Chinese medicine, ahli gizi dan nutrisi, dan biomedik yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kedokteran yang canggih dan modern.Dengan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dapat menjadikan kegiatan ini sebagai salah  satu bahan studi banding perkuliahan di Malaysia dan Indonesia. (By:@liandreas)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT