BERITA DAN INFORMASI

Universitas Sriwijaya Mengembangkan Kerjasama Internasional di Australia

Sabtu, 12 Mei 2012 | [14632 Dibaca]

Dalam wawancaranya dengan Warta di ruang kerjanya, Pebantu Rektor I Universitas Sriwiwjaya (Unsri), Dr. Ir. Anis Sagaf, M. Sc. mengatakan bahwa Unsri sudah banyak kerjasama dengan perguruan tinggi lain baik perguruan tinggi tingkat regional, nasional, maupun internasional. Hal ini dilakukan, kata Anis Sagaff,agar Unsri semakin dikenal dan dalam rangka mewujudkan Unsri world class university. "Kali ini Unsri menjalin kerjasama dengan Charles Darwin University, yaitu perguruan tinggi besar di Darwin Australia," kata Anis Sagaff.

Kerjasama yang akan dibangun antara Unsri dengan Charles Darwin University meliputi berbagai bidang, antara lain, kerjasama penelitian, pertukaran tenaga ahli, pertukaran profesor, melaksanakan program Double Degree, dan transfer kredit. Sedangkan yang akan segera menindaklanjuti kerjasama ini dalam waktu dekat, kata Anis Sagaff, adalah Fakultas Ekonomi yang akan melakukan kerjasama berupa kredit transfer dan program Double Degree untuk program S1, S2, dan S3.  

Konsep kerjasama diarahkan agar pimpinan fakultas turut berperan dalam aplikasinya, maka tindak lanjut kerjasama secara detail akan diserahkan kepada dekan-dekan fakultas tentang bidang apa saja yang akan dibuat kerjasamanya. "Supaya tidak semua bergantung pada Rektor, maka Rektor hanya menandatangani kerjasama payung berupa MoU. Sedangkan yang menindaklanjuti berupa Memorandum of Agreement (MoA) akan diserahkan kepada dekan-dekan. Kalau ini berjalan, saya harapkan fakultas bisa menindaklanjuti dengan MoA karena Charles Darwin University memiliki banyak bidang, seperti mekanikal, water resources, water management, limbah, lingkungan, dan teknologi serta laboratoriumnya sangat bagus. Jadi untuk detilnya diserahkan kepada dekan-dekan fakultas mau kerjasama bidang apa," lanjut Anis Sagaff.  

Ada beberapa keuntungan dengan banyaknya kerjasama dengan perguruan tinggi di tingkat internasional yang peringkatnya lebih tinggi, kata Anis Sagaff. Pertama, secara tidak langsung Unsri sudah memposisikan diri sejajar dengan perguruan tinggi itu dan secara otomatis nama Unsri akan terangkat. Kedua, akan ada transfer kemampuan terhadap Unsri. Ketiga, Unsri dikenal oleh dunia. Keempat, lulusan Unsri akan semakin berkualitas dan semakin dipercaya. "Kita memang selalu mengajak kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka sehingga standarnya sama dengan mereka. Dengan adanya kerjasama dengan perguruan tinggi yang lebih tinggi daripada kita itu pula kita bisa mengambil manfaatnya," jelasnya.  

Selain itu, kata Anis Sagaff, semakin banyak kerjasama, maka sumberdaya yang ada di dalam Unsri akan ter-update. Yang tadinya memegang alat hanya tahu 25 persen dengan kerjasama bisa tahu 75 persen. "Kita juga bisa tahu kemampuannya dan bisa terukur apakah kita tertinggal atau lebih maju dari orang. Dan ternyata kita mampu kita bisa sama dengan orang lain," ujarnya.

Mengapa banyak perguruan tinggi tingkat internasional mau kerjasama dengan Unsri, Anis Sagaff mengatakan karena sekarang ini orang melihat Unsri memang memiliki daya tarik,seperti eksistensi Unsri yang selalu menunjukkan grafik meningkat, adanya pertimbangan saling menguntungkan, dan semakin dipercayanya kualitas lulusan Unsri di tingkat internasional.

(Yo*)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT