BERITA DAN INFORMASI

Unsri Gembleng Rohani Karyawan dan Mahasiswa Selama Ramadhan

Sabtu, 16 Oktober 2010 | [9747 Dibaca]

Selama bulan Ramadhan Unsri menggembleng para karyawan melalui kultum yang dilakukan setiap selesai sholat dzuhur berjamaah. Tidak hanya itu, kultum dilakukan juga pada acara Nuzulul Quran yang dilakukan di Masjid Al-Gazali Unsri kampus Bikit Besar, 27 Agustus, diikuti oleh para karyawan, dosen, dan mahasiswa. Selain itu penggemblengan rohani dilakukan juga pada acara halal bihalal di kampus Unsri Inderalaya, 17 September 2010.

Rektor Unsri, Prof. Dr. Badia Perizade, MBA mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Ia berharap kemenangan ini bukan hanya kita hayati dalam hati sanubari, tetapi hendaknya diaktualkan dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagaimana orang yang baru menang dalam berperang. "Orang yang baru menang itu semangatnya luar biasa. Besar harapan saya eforia ini dapat kita terapkan dalam peningkatan kerja sehari-hari," harapnya.

Ustadz Taufik Kasnuri dalam ceramahnya mengatakan bahwa halal bihalal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bukan hanya setahun sekali melainkan harus dilakukan setiap hari, karena menurutnya halal bihalal itu menyangkut ajal. "Siapa yang tahu bahwa tahun depan kita masih bisa melakukan hal yang sama, bisa bermaf-maafan seperti hari ini. Nabi Muhammad mengatakan, siapa yang masih ada dendam walau sedikit dalam hatinya dan tidak sempat meminta maaf hingga meninggal, maka tidak akan tercium bau surga sampai kapan pun. Islam melarang orang bermusuhan. Tidak saling tegur selama tiga hari dalam Islam hukumnya haram. Oleh karena itu meminta maaf itu penting," katanya.
Selain itu, Ustadz Taufik Kasnuri juga mengatakan bahwa tradisi sanjo-sanjoan dapat menghilangkan keresahan orang miskin. "Oleh karena itu peliharalah kebersamaan dan kebahagiaan. Kebahagiaan itu milik hamba semua bukan hanya milik orang yang kaya, dan orang berpangkat. Oleh karena itu peliharalah kebersamaan dan kebahagiaan karena kebahagiaan adalah angin surga yang telah menghampiri kita. Tetapi jika tetangga dan keluarga sudah jadi musuh tidak ada lagi bahagian dan tidak ada lagi angin surga yang akan menghampiri."

"Tetaplah jalin silaturahmi meskipun dengan orang yang berbeda agama, karena yang membedakan hanya aqidahnya. Yang tidak dibolehkan itu mendoakan orang yang aqidahnya berbeda. Namun kita tidak boleh sewenang-wenang dengan orangyang berbeda agama atau kafir sekalipun. Kita harus hati-hati sebab meskipun orang kafir kalau terdholimi doanya tetap didengar Allah,"ujarnya.

Harapanya setelah berpuasa satu bulan penuh dan saling bermaaf-maafan, kembali suci seperti bayi yang baru lahir. Ciri-ciri bayi yang baru lahir itu, disenangi banyak orang, semua yang dipakai serba pantas, apa pun yang dimakan mulutnya tetap wangi. "Jadi orang Islam itu seharusnya seperti itu." "Sedangkan hikmah dari silaturahmi sanjo-sanjoan pada bulan Syawal ini adalah rizqinya luas, urusannya lancar, jauh dari bala, menolak mati jelek, dan didoakan oleh Nabi. Sambunglah silaturahmi walau hanya dengan mengucapkan selamat melalui sms," kata Ustaz yang pandai melucu meski bawaan serius ini.(Yo*)



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT