BERITA DAN INFORMASI

Pemkab Muba dan Universitas Sriwijaya Garap Gambir

Kamis, 03 September 2009 | [9218 Dibaca]

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba bekerja sama dengan Universitas Sriwijaya menggarap potensi tanaman gambir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nota kerja sama tersebut ditandatangani Bupati Muba H. Pahri Azhari dan Rektor Unsri Prof. Dr. Badia Perizade, MBA serta Ketua DPRD Muba H. Sulgani Pakuali di Auditorium Pemkab Muba kemarin. Bupati Muba H. Pahri Azhari mengatakan, potensi gambir di Muba sangat besar. Namun, sampai saat ini potensi tersebut belum tergarap optimal. "Bahkan, dari sisi kualitas, gambir Muba bisa dikatakan nomor satu. Jadi, sayang kalau tidak dikembangkan," katanya.

Pahri menyebutkan, pengetahuan dan teknologi pengolahan gambir masih sederhana, ditambah pola masyarakat yang ingin cepat mendapatkan hasil juga menjadi penghambat. "Masyarakat kita maunya cepat, kalau bisa petik langsung jual. Nah, gambir ini tidak, setelah dipetik harus diolah dulu baru dijual," katanya. Selain itu, sistem pengolahan yang masih tradisional juga menjadi hambatan.

Karena itu,pihak Unsri dilibatkan untuk mengkaji pengembangan potensi gambir sehingga lebih banyak memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat Muba. Bupati mengungkapkan, beberapa waktu lalu gambir Muba pernah diekspor ke Denmark, tetapi karena belum bisa memenuhi kuota, terpaksa berhenti. Kawasan Babat Toman dipilih sebagai sentra industri gambir. "Selain produksi, nanti akan ada outlet pemasaran gambir dan produk turunannya, jadi tidak hanya sebatas gambir mentah, apalagi dari paparan pihak Unsri tadi gambir ternyata bisa menjadi bahan pengawet makanan, kecantikan, hingga kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muba H. Umar Nawawi menambahkan, dari sisi pemasaran, budi daya gambir sebenarnya tidak masalah. Namun, selama ini gambir belum menjadi komoditas pokok masyarakat. Karena itu, produksi gambir menjadi tidak optimal. Umar menambahkan, luas tanaman gambir di Muba mencapai 500 ha,tetapi produksinya masih sangat minim sehingga tidak memenuhi kuota.Selain itu, karena sistem pengolahan masih tradisional, hasil olah gambir tidak merata sehingga menurunkan nilai dari gambir itu sendiri.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Hasbi, M.Si mengatakan, ada beberapa permasalahan yang menyebabkan kualitas gambir menjadi berkurang. Di antaranya, sistem perebusan yang menyangkut lama dan suhu air.Kepala Dinas Perkebunan Muba H. Suratinah Hamzah melalui Sekretaris Rusli SP mengatakan,banyak kendala yang dihadapi dalam mengembangkan tanaman gambir ini.


Download attachment:
Pemkab Muba dan Universitas Sriwijaya Garap Gambir -



Berita dan Informasi Lainnya:

22 November 2019 UNSRI DAPAT PENGHARGAAN DARI KANWIL DJP SUMSEL
22 November 2019 UNSRI KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
22 November 2019 UNSRI RAIH WTP
20 November 2019 USUNG TEMA SOCIETY 5.0, FAKULTAS EKONOMI UNSRI KEMBALI GELAR SEABC KE-5
18 November 2019 SENI DUL MULUK DAN CULTURAL NIGHT MERIAHKAN MALAM PUNCAK DIES NATALIS KE 59 UNSRI
13 November 2019 WORKSHOP PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN VISI, MISI, DAN VISIUM MENUJU UNIVERSITAS SRIWIJAYA UNGGUL
12 November 2019 MAHASISWA UNSRI RAIH JUARA PERTAMA DESAIN LOGO AIMS 2019
08 November 2019 UNSRI TERIMA KUNJUNGAN DELEGASI MAHSA UNIVERSITY MALAYSIA
06 November 2019 FH UNSRI SUKSES JADI TUAN RUMAH 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA
06 November 2019 DIES NATALIS KE 59 UNSRI TERUS BERINOVASI
31 Oktober 2019 FH UNSRI GELAR KONFERENSI NASIONAL HUKUM PIDANA
31 Oktober 2019 MTQ, SALAH SATU RANGKAIAN DIES KE LIX UNIVERSITAS SRIWIJAYA
30 Oktober 2019 UJIAN DINAS, UJIAN P3 DAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN UNSRI
30 Oktober 2019 DIES NATALIS KE 59 FAKULTAS EKONOMI UNSRI BERLANGSUNG MERIAH
29 Oktober 2019 PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, UNSRI GELAR KULIAH UMUM ANTI RADIKALISME
29 Oktober 2019 UNSRI PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU
29 Oktober 2019 BERBAGAI PERLOMBAAN DI GELAR DALAM RANGKA DIES NATALIS UNSRI KE 59
25 Oktober 2019 LOMBA SENAM AEROBIK
25 Oktober 2019 UNSRI GELAR FESTIVAL LAYANG-LAYANG
22 Oktober 2019 UNSRI BERI PENYULUHAN HUKUM PADA PELAJAR DI LAHAT